Musik

Semen Indonesia Gelar Lomba Menyanyi & Cipta Lagu Anak

Sukirno
Selasa, 26 Februari 2013 - 16:41
Bagikan

JAKARTA - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menggelar kompetisi suara anak Indonesia (Kirana) 2013. Program corporate social responsibility (CSR) ini merupakan lomba menyanyi dan cipta lagu anak-anak. Rangkaian kegiatan ini akan digelar mulai Maret hingga Novermber 2013.

Kepala Departemen Pengelolaan Sosial dan Lingkungan Korporasi (PSLK) Semen Indonesia Faf Adisamsul mengatakan para peserta akan memperebutkan hadiah trophy dan uang tunai RP479 juta. Hadiah tersebut terdiri dari hadiah babak penyisihan lomba penyanyi anak Rp369 juta yang belum termasuk hadiah untuk babak grand final nasional serta lomba cipta lagu anak Rp110 juta.

"Anak-anak adalah aset utama masa depan bangsa. Kami ingin ikut berkontribusi menyiapkan generasi emas Indonesia dengan mendorong kegiatan positif bagi anak-anak bangsa menjadi generasi yang unggul, produktif, dan inspiratif," ungkapnya, Selasa (26/2/2013).

Sebagai perusahaan semen terbesar nasional, Semen Indonesia ikut bertanggung jawab pada keberlanjutan pembangunan bangsa. Ajang Kirana 2013 diharapkan bisa memberi stimulus ke anak-anak dan generasi muda untuk berkreasi menonjolkan potensinya.

Musik dipilih sebagai instrumen untuk meningkatkan daya kreasi dan imajinasi anak-anak karena musik adalah bahasa universal yang dipahami semua segmen, termasuk anak-anak. Musik mempunyai cara unik untuk mendorong kreativitas anak-anak, sehingga diharapkan bisa memperkuat karakter anak bangsa.

Faf menjelaskan, lomba penyanyi anak akan digelar di 28 kota besar di seluruh Indonesia. Kota-kota tersebut, antara lain, Jember, Surabaya, Madiun, Malang, Surakarta,Yogyakarta, Purwokerto, Semarang,Cirebon,Bandung,Bekasi, Jakarta, Bogor, Serang, Palembang, Padang, Riau, Medan, Denpasar, Mataram, Ambon, Makassar, Manado, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Jayapura, dan Sorong.

”Jangkauan pelaksanaan lomba yang sangat luas ini menunjukkan posisi Semen Indonesia sebagai perusahaan semen dengan pasar paling besar di seluruh Indonesia, sekaligus merepresentasikan kekuatan grup kami, yaitu Semen Padang, Semen Tonasa, dan Semen Gresik,” kata Faf.

Di setiap kota, panitia menargetkan ada 100 peserta. Para peserta akan memperebutkan hadiah trophy dan uang tunai sebesar Rp 13 juta di setiap kota. Juri akan menentukan satu orang pemenang di tiap kota yang nantinya akan beradu kemampuan olah vokal pada final tahap nasional dengan hadiah yang jauh lebih besar dari babak penyisihan tiap kota.

Peserta yang boleh mengikuti kompetisi menyanyi ini adalah anak-anak berusia 7-10 tahun. Para peserta juga diwajibkan menulis cerita tentang cita-cita untuk pembangunan Indonesia selembar  HVS. Para peserta juga hanya diperbolehkan menyanyikan lagu anak-anak yang sesuai dengan usianya.

”Para peserta harus menyanyikan lagu anak-anak yang sesuai dengan usianya. Ini bagian dari pembangunan karakter. Anak Indonesia mempunyai jatidirinya sendiri, tidak harus dipaksakan meniru gaya dan karakter orang dewasa,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro