Show

Indonesia Kenalkan SASANDO & ANGKLUNG di Kuba

Gloria Natalia Dolorosa
Selasa, 11 Juni 2013 - 16:47
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA – Kedutaan Besar RI di Kuba mengenalkan budaya Indonesia lewat ajang permainan musik sasando, angklung, tari yapong, dan peragaan busana tenun ikat asal Nusa Tenggara Timur di Havana, Kuba.

Gelaran budaya bertajuk Budaya Indonesia itu diselenggarakan di Museo Nacional de Bellas Artes dan di Instituto Superior de Artes pada 30-31 Mei 2013.

Pertunjukan Sasando dipersembahkan Yakub Bullan, permainan angklung dibawakan para siswa Sekolah Tinggi Musik Jose White di provinsi Camaguey Kuba, serta peragaan busana tenun ikat  dikoordinir Alfonsa.

Siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (11/6), menulis pertunjukan di Museo Nacional de Bellas Artes dihadiri sekitar 250 pengunjung.

Mereka berasal dari kalangan pemerintah, anggota parlemen, politisi, korps diplomatik, para seniman terkemuka, dan media massa setempat.

Menteri Kebudayaan Kuba Rafael Bernal serta Direktur Asia Oceania Kementerian Luar Negeri Kuba Duta Besar Miguel Angel Ramirez pun turut hadir. Sedangkan, kegiatan di Instituto Superior de Artes dihadiri sekira  70 pengunjung, terdiri dari dosen dan mahasiswa yang menekuni bidang seni dan budaya.

Duta Besar RI untuk Kuba, merangkap Jamaica dan Bahamas, Teiseran Foun Cornelis, mengatakan gelaran Budaya Indonesia merupakan upaya Kedutaan Besar RI Havana untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Kuba terhadap Indonesia.

Indonesia dapat dikenalkan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang multietnis dan multibudaya.

Sebelum di Havana, pertunjukkan sasando dan penampilan tenun ikat tampil di Chile, Peru, dan Panama. Usai di Havana, pertunjukkan berikutnya akan digelar di Meksiko dan Ekuador.

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerja sama enam KBRI Indonesia di Amerika Latin dan Karibia, yaitu KBRI Chile, Peru, Panama, Kuba, Meksiko, dan Ekuador. Pertunjukan musik Sasando di Kuba ini adalah kali pertama. (Foto:creativeroots.org)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro