Fashion

Poppy Dharsono Peragakan Busana Peranakan Tionghoa

Reni Efita
Kamis, 5 September 2013 - 20:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perancang mode senior Poppy Dharsono  akan memperagakan busana peranakan Tionghoa yang menerjemahkan dari kebaya peranakan dan pengaruh budaya China pada 29 Oktober di Hotel Mulia Senayan.

Poppy merupakan salah satu dari tujuh perancang lain yang memperagakan busana bertajuk Kondangan Peranakan Tionghoa. Pada kesempatan itu, dia akan memperagakan 10 set busana.

“Saya translate lagi dari kebaya peranakan dan influence Chinese. Saya kembangkan dari situ. Saya melihat masa lalu dan generasi yang akan datang,” kata Poppy disela-sela acara preskon Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia (Aspertina) di Restoran Merahdelima, Rabu sore (4/9/2013).

Peranakan itu, menurut Poppy, eyangnya datang dari China  sendirian sekitar abad 18 dan menikah dengan perempuan Jawa dan dapat pengaruh dari budaya Eropa. “Ini akulturasi yang bagus. China, Jawa dan Eropa,” kata Poppy.

Poppy juga akan merancang ballgown busana paranakan dan pengembangan kebaya encim.

Pengaruh China akan diwujudkannya antara lain dengan pemakaian bahan  satin, detail cheongsam, dan bordir.  Sedangkan pengaruh  Eropa akan ditampilkannya dengan bahan foal dan lace.

Poppy mengakui tertarik dengan budaya China, karena di Asia banyak sekali dasar pengembangan budaya di sekitarnya. China dan India, katanya, punya kultur yang kuat.

Sementara itu, perancang mode Samuel Wattimena yang juga digandeng Aspertina akan merancang busana  khusus pria peranakan Tionghoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro