Relationship

300.000 Orang Meninggal Akibat Stroke Per Tahun

Rahmayulis Saleh
Rabu, 2 Oktober 2013 - 18:57
Bagikan

Stroke                               overadulthood.com

Bisnis.com, JAKARTA - Stroke merupakan penyebab utama kematian bagi pasien yang dirawat di rumah sakit. Angka kejadian penyakit ini di Indonesia, diperkirakan sebanyak 300.000 penderita per tahun.

"Kita belum punya data yang jelas tentang penderita stroke di Indonesia. Tapi, berdasarkan hitungan dari Amerika Serikat dan China, muncul angka 300.000 pasien tersebut," kata Dokter Hermanto Nurya, Direktur Eka Hospital BSD, di sela-sela peresmian Eka Hospital Stroke Center di Tangerang, Rabu (2/10/2013).

Dia menuturkan di Eka Hospital BSD sendiri, rata-rata tiap bulan ada 30-40 orang pasien stroke yang dirawat. Sedangkan yang dirawat inap sekitar 150 pasien setahun. Dan sebanyak 60-70% pasien yang berobat ke unit neurologi adalah penderita stroke.

Dia menuturkan penderita stroke kini mulai merambah usia muda. Ada usia 12 tahun dan 16 tahun. Ada yang usia 5 tahun kena stroke, tapi biasanya ada kelainan bawaan sejak lahir.

Dia menuturkan stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, disebabkan semata-mata oleh gangguan pembuluh darah di otak, baik berupa sumbatan atau pecahnya pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan kecacatan bahkan kematian.

"Waktu sangat berharga untuk meminimalisir kerusakan akibat stroke. Pasalnya, pasien yang mengalami stroke, kerusakan pada otak akan berjalan dengan cepat, sehingga dibutuhkan penangangan cepat pula.tidak main-main, karena setiap satu menit dalam serangan stroke, sebanyak 1,9 juta sel saraf mati," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro