Health

Antonius Gondo Rambah Kreasi Miniatur Gamelan

Senin, 7 Oktober 2013 - 01:31
Bagikan

Bisnis.com,  JAKARTA - Meskipun saat ini satu set miniatur wayang mampu dijual dengan harga rata-rata termurah Rp500.000 hingga Rp10 juta dan telah mendapatkan profit luar biasa setiap bulannya, namun Gondho tidak cepat puas dengan capaiannya itu.

Ke depan, saat ini sudah mulai coba-coba, akan membuat miniatur settingan gamelan seperti saat mengiringi pementasan wayang, apalagi, secara kebutuhan bahan baku juga tidak ada masalah.

"Saya saat ini sedang berusaha membuat beberapa miniatur gamelan, lumayan detail dan cukup unik. Saya baru coba bikin satu, dan dibeli oleh Ki Dalang Enthus," tuturnya.

Menurutnya uji coba pembuatan miniatur set gamelan yang pertama kalinya itu juga telah diapresiasi oleh Ki Dalang Enthus S, dengan dihargai sebesar Rp7,5 juta untuk disimpan di museum pribadinya.

"Gamelan kan tidak jauh dari dunia wayang. Karena salah satu alasan saya menekuni dan mengembangkan miniatur wayang ini adalah sebagai bentuk kepedulian serta ikut menjunjung tinggi dan melestarikan budaya bangsa yang adiluhung warisan asli nenek moyang bangsa Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, mungkin dengan cara ini -- bisnis miniatur wayang -- selain sebagai mata pencaharian, juga mencoba membantu melestarikan budaya bangsa nenek moyang kita, karena saya hidup dari wayang.

"Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga warisan budaya bangsa ini," ujarnya. (62) (Bisnis Indonesia Minggu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro