/zimbio.com
Fashion

Perancang Oscar Lawalata Tampilkan Kain Tenun Gaya Modern di JFW 2014

Reni Efita
Rabu, 23 Oktober 2013 - 11:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perancang mode Oscar Lawalata bersama Yayasan Jantung Indonesia menggelar peragaan busana bertema I am Indonesian yang menampilkan kain  songket dan tenun Indonesia menjadi busana yang modern pada perhelatan Jakarta Fashion Week 2014, Senayan City, Selasa malam (22/10/2013).

Perancang mode yang pernah mendapatkan penghargaan internasional dari British Council ini  banyak menampilkan kain tenun NTT, songket Bali, tenun dari tenun dari Kalimantan.

Kain tenun dan songket itu dirancangnya dalam bentuk busana casual sampai busana pesta dengan penampilan yang modern. Kain tenun NTT umumnya dirancangnya  dalam bentuk gaun panjang supaya kain tenun yang proses pembuatannya memerlukan waktu yang lama itu tidak dipotong-potong atau dibuat dalam bentuk rok panjang.

Terdapat gaun panjang  yang bagian depannya dilipat-lipat bagian depannya dengan siluet yang ramping. Lalau ada pula dress tali spageti, halterneck, dan ada pula bawahan yang dipadukan dengan atasan yang modifikasi baju bodo.

Ada pula kain songket Bali dengan motif  berwarna cerah dirancang bentuk rok panjang. Lalu dipadukan dengan atasan warna  biru yang merupakan salah satu warna dari motif rok panjang itu. Untuk casual, misalnya, blus  pendek dari songket Bali dipadukan dengan selana panjang pensil.   

Terdapat 60 set busana yang diperagakan pada kesempatan tersebut. Koleksi itu untuk kegiatan casual sampai pesta yang tampil etnik modern.

Untuk mewujudkan ke-60 set busana itu, kata Oscar yang merupakan putra artis Peggy Melati itu diperlukan waktu selama 6 bulan.

Sementara penyelenggaraan peragaan busana tersebut merupakan kepedulian Oscar terhadap kesehatan jantung perempuan Indonesia.

Seiring dengan perkembangan gaya hidup, penyakit jantung dan pembuluh darah menyerang perempuan cenderung mengalami peningkatan dibandinggkan pria.

Selama lima tahun terakhir, angka kematian perempuan akibat penyakit jantung dan pembuluh darah meningkat sebesar 45% dibandingkan dengan pria, 33%.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Syahlina Zuhal mengajak para perempuan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit jantung dan pembuluh darah. Untuk menghindari penyakit pembuluh darah dan jantung, kata Syahlina, lakukan pola hidup SEHAT yaitu Seimbang gizi, Enyakan rokok, Hindari stres, Atasi tekanan darah tinggi dan Teratur berolahraga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro