Ilustrasi/mount elizabeth novena
Fashion

Ini Cara Rumah Sakit Singapura Menarik Pasien dari Seluruh Dunia

Yanto Rachmat Iskandar
Sabtu, 9 November 2013 - 13:05
Bagikan

Bisnis.com, SINGAPURA - Siapa saja yang sudah berkunjung ke Singapura, pasti sudah mengenal betul nama ini: Mount Elizabeth dan Mount Elizabeth Novena. Ya, dua rumah sakit ini sangat terkenal, tidak hanya bagi warga Indonesia, tapi juga warga sejagat.

Apa gerangan yang membuat rumah sakit ini begitu dikenal di penjuru dunia? Ternyata, manajemen rumah sakit ini menerapkan cara-cara sederhana dalam menyedot perhatian pengguna jasa.

Dr Kelvin Loh, CEO RS Mount Elizabeth dan Mount Elizabeth Novena, mengemukakan penerapan penggunaan teknologi mutakhir dalam bidang kesehatan memang memungkinkan rumah sakit melakukan perbaikam besar pada fasilitas dan layanan rumah sakit. Akan tetapi, pasien sebetulnya membutuhkan lebih dari sekedar teknologi canggih dan layanan hebat rumah sakit.

"Mereka membutuhkan diagnosis dan pengobatan yang cepat dan akurat sehingga beban dan sumber daya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," katanya Sabtu (9/11/2013).

Dia menilai Singapura memang terus melakukan lompatan besar dalam dunia medis. Meskipun demikian, pelayanan medis yang ada belum mampu memenuhi kebutuhan pasien sekarang ini.

Dia menuturkan Mount Elizabeth dan Mount Elizabeth Novena merupakan unit usaha jasa kesehatan Parkway Pantai Group yang beroperasi di Singapura dengan pasien dari berbagai negara termasuk Indonesia. Selain kedua rumah sakit itu, Parkway juga memiliki RS Gleneagles dan RS Parkway East di Singapura.

Unit paling bontot, Mount Elizabeth Novena dibangun pada 2012 lalu untuk menyediakan pelayanan kesehatan alternatif bagi pasien. Rumah sakit ini memiliki 333 ruang kamar yang seluruhnya single bed.

"Novena dibangun untuk mengatasi kekurangan jumlah tempat tidur pada rumah sakit di Singapura," katanya.

Konsep single bed di Mount Elizabeth Novena bertujuan menyediakan lingkungan lebih kondusif bagi pemulihan pasien seperti privasi dan pencegahan penularan penyakit antarpasien.

Sedangkan pendahulunya, Mount Elizabeth memiliki 348 ruangan yang beragam mulai single bed, ruangan 4 kamar tidur dan 2 kamar tidur.

Dia mengatakan tarif sebesar SGD$373 atau Rp3,3 juta rupiah per hari, ruang rawat inap single di Novena setara dengan ruang kelas A pada rumah sakit pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro