Kuliner

APJI Habiskan Rp1 Miliar Pecahkan Rekor Muri Bubur Ase

Dewi Andriani
Rabu, 12 Februari 2014 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-–Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) akan memecahkan rekor Muri kenduri nasional pembuatan Bubur ASE (Asin Sumur Encer) khas Betawi sebanyak 2014 mangkok pada 24 dan 25 Mei di Monas, Jakarta.

Ketua Umum APJI Rahayu Setiowati mengatakan kenduri yang menelan anggaran hampir Rp1 miliar tersebut dilakukan selain untuk memecahkan rekor Muri juga memperkenalkan kembali bubur asli Betawi yang saat ini semakin jarang ditemui.

“Bubur Ase ini sepenuhnya akan dibuat langsung oleh anggota APJI, kami ingin membangkitkan kembali makanan-makanan khas daerah. Memecahkan rekor Muri ini salah satunya sehingga makanan daerah semakin dikenal,” ucapnya usai dikukuhkan sebagai Ketua DPP APJI 2013-2018 oleh Ketua Kadin Suryo Bambang Sulisto, Rabu (12/2/2014).

Bubur Ase merupakan makanan yang berbahan dasar bubur nasi. Berbeda dengan bubur ayam pada umumnya, bubur ini memiliki rasa yang lebih segar karena disajikan dengan campuran asinan Betawi dan semur kikil atau daging.

 Selain emping dan kerupuk, di permukaanya ada toge, lobak, sawi asin, serta kuah yang berwana coklat. Rasanya unik dan kaya citarasa! Ada asin, manis, asam, gurih dan pedas bercampur jadi satu.

Bubur ase ini akan lebih enak disantap dalam keadaan dingin. Dingin dalam pengertian bukan diberi es atau dimasukkan ke kulkas, tapi didiamkan dulu selama masih panas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro