Ana-anak dan ganderung gadget/www.vemale.com
Bisnis Style

Batasi Anak Menggunakan Gadget

Feri Kristianto
Senin, 3 Maret 2014 - 19:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semakin mudahnya anak-anak memperoleh gadget ibarat dua sisi uang logam. Menurut Witrin Gamayanti, Psikolog dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati ( UIN SGD) Bandung, gadget dapat memberikan dampak positif dan negatif. Agar pengaruh buruknya tidak dominan dalam keluarga, penggunaannya harus dibatasi. "Pengaruhnya besar kalau di keluarga," jelasnya kepada Bisnis.

Bentuk-bentuk pembatasan yang disarankan Witrin seperti, tidak menggunakan ponsel atau menonton televisi saat makan bersama. Momen seperti itu lebih baik digunakan untuk bercengkrama, saling berbagi cerita. Witrin menyarankan, memperbanyak hubungan emosional melalui kegiataan bersama. Misalnya, jalan-jalan keluar kota, tetapi mematikan peralatan elektronik seperti ponsel dan tablet.

Khusus kepada orang tua, memulai keterbukaan dengan anak. Witrin menyarankan, orang tua menanamkan komunikasi lebih intensif. Supaya anak lebih mempercayai orang tua dibandingkan dengan mencurahkan perasaan di media sosial. "Kalau curhat di media sosial, ikatan emosionalnya berkurang," ujarnya. Orang tua juga harus bijak ketika akan memutuskan memberikan ponsel kepada anak yang masih baru masuk Taman Kanak-kanak (TK). "Masa kecil itu paling penting, jadi ketika orang tua kebablasan memberikan ponsel, kedepannya ikatan dengan anak direbut gadget," sambungnya.

Menurutnya, dalam keluarga akan lebih baik jika antara suami, istri dan anak saling mengingatkan soal ponsel. Sebab jika semua hal seperti curhat 'diambil alih' gadget, hubungan keluarga bisa runyam. Witrin mengatakan banyak keluarga memasang fasilitas wifi di rumah juga terkadang membawa dampak. Karena itu, khususnya kepada anak harus selalu didampingi ketika mereka mengakses. "Curhat itu penting, apalagi curhat anak ke orang tua. Harus ditanamkan keterbukaan ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro