Jika Anda ingin membeli barang di pasar ini maka tawarlah harga yang diberikan oleh pedagang. /bisnis.com
Relationship

Cari Kado Special? Ke Pasar Barang Antik Aja Yuk!

An'nisa Sulistyo Rini
Sabtu, 8 Maret 2014 - 21:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika ingin memberikan sesuatu kepada orang yang Anda sayangi, maka Anda akan mencari sesuatu yang berbeda dari biasanya. Jika anda binggung mencari barang yang tidak mudah ditemukan di toko-toko lain, barang antik bisa jadi salah satu pilihan.

Salah satu pasar barang antik yang terkenal adalah pasar barang antik yang terdapat di jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat.  Di pasar yang banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan ini berderet rapi kios-kios sepanjang 500 meter. Anda tidak akan merasa lelah ketika berjalan menyusuri kios-kios dari ujung ke ujung karena banyak barang unik dan menarik yang bisa Anda temui.

Di pasar barang antik ini tidak hanya barang antik saja yang dijual, berdasarkan pengamatan, dari total 184 kios, kios nomor 1 hingga nomor 71 merupakan kios-kios yang menjual koper-koper.  Dari koper jaman dahulu hingga koper modern yang terbuat berwarna cerah.

Kios nomor 72 hingga terakhir nomor 184 menjual barang-barang antik, mulai dari piringan hitam, kaset tape recorder, buku-buku tua, hiasan, wayang, dan masih banyak lagi. Banyak pilihan barang yang bisa anda jadikan hadiah untuk orang terkasih anda di sini.

Jika Anda ingin membeli barang di pasar ini maka tawarlah harga yang diberikan oleh pedagang. Sebaiknya anda menawar lebih dari 50% dari harga yang ditawarkan. Pedagang di pasar yang buka dari jam 08.00 hingga jam 18.00 WIB ini biasanya mematok harga yang tinggi karena sebagian besar konsumen mereka adalah warga negara asing.

Harga barang antik di jalan Surabaya ini bervariasi, umumnya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk barang berukuran kecil, seperti jam weker, jam meja, patung-patung, wayang, hiasan dinding, berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000.

Untuk patung berukuran besar, lampu gantung, guci, berkisar antara Rp450.000 hingga Rp4.500.000. Ada pula uang kertas yang berusia 50-an tahun yang harganya Rp250.000 hingga Rp 1.000.000.

Sebaiknya, Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang barang akan dibeli, seperti kisaran harganya, sejarahnya, serta ciri-ciri barang yang bagus dan asli. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari penipuan dan penyesalan karena telah mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak, namun tidak sesuai dengan kondisi barangnya. Selamat berburu kado!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro