Restoran siap saji/JIBI
Kuliner

Orang Indonesia Habiskan US$1,5 Miliar untuk Makan di Restoran

Feni Freycinetia Fitriani
Kamis, 3 April 2014 - 19:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Jumlah masyarakat Indonesia yang menyantap makanan di restoran terus bertambah.

Hasil survei Qraved.com, situs pencarian dan reservasi restoran, mengungkapkan selama 2013 mencapai 380 juta kali dan menghabiskan total US$ 1,5 miliar.

Steven Kim, co-founder Qraved.com menuturkan banyak masyarakat memanfaatkan kegiatan makan di restoran untuk bersosialisasi.

“Penelitian kami menunjukkan fenomena tren makan di restoran merupakan bagian dari aktivitas sosial dimana separuh dari mereka yang makan di restoran, datang berempat bersama rekan bisnis, teman atau keluarga,” jelasnya dalam rilis yang diterima Bisnis.com, Kamis (3/4/2014).

Media sosial, lanjut Kim, juga memegang peran penting karena hampir semua orang membagi pengalaman bersantap mereka pada situs media sosial popular seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Path.

Namun tren ini justru membawa tantangan tersendiri bagi pemilik restoran. Kim menuturkan restoran tidak memiliki sistem reservasi yang memadai sehingga banyak calon tamu yang kecewa bahkan frustasi.

“Banyak calon tamu kecewa karena tidak ada yang menjawab telepon saat hendak melakukan reservasi. Riset menunjukkan sebagian besar pemesanan meja dilakukan pada saat jam sibuk restoran, saat staf restoran kewalahan melayani tamu ataupun jelang restoran tutup,” jelasnya.

Tantangan lain yang dihadapi para pebisnis restoran adalah tidak meratanya jumlah kunjungan tamu yang menyebabkan adanya jam-jam sepi dimana restoran tetap buka meski sangat sepi pengunjung. Menurut Kim, tantangan inilah yang melahirkan Qraved.com, situs pertama di Indonesia yang melayani reservasi restoran di Jakarta.

Qraved memungkinkan para tamu untuk mencari dan melakukan reservasi pada ribuan pilihan restoran yang tersedia secara online.

“Pencarian restoran secara online sepanjang 2013 mencapai 40 juta kali, ini memperlihatkan masyarakat sedang mencari cara terbaik untuk melakukan pemesanan meja di restoran," katanya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro