Fashion

PMI SURAKARTA: 150.000 Penderita Gagal Ginjal Butuh Cuci Darah

Rahmayulis Saleh
Rabu, 23 April 2014 - 08:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah penderita gagal ginjal di Indonesia yang membutuhkan cuci darah (dialysis) mencapai 150.000 orang. Namun pasien yang sudah mendapatkan terapi dialisis baru sekitar 100.000 orang.

Perhimpunan Nefrolog (ahli ginjal dan hipertensi) Indonesia/Pernefri melaporkan bahwa setiap tahunnya terdapat 200.000 kasus baru gagal ginjal stadium akhir. Tapi, tidak semua pasien terlayani kebutuhan cuci darahnya karena keterbatasan unit mesin dialisis.

Menyikapi hal tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta ikut terpanggil dengan mendirikan Klinik Hemodialisis yang diresmikan Selasa (22/4/2014). Klinik tersebut bertempat di markas PMI Solo, Jl. Kol. Sutarto No. 58 Jebres, Surakarta.

“Klinik ini memiliki kapasitas 10 mesin dan dapat melayani 20 orang pasien per hari. Dilengkapi dengan fasilitas TV individu di setiap tempat tidur. Selain itu ruangan dilengkapi dengan AC dan free wifi, tenaga perawat yang profesional dan ramah. Kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi para pasien cuci darah,” kata Ketua PMI Solo, Susanto Tjokrosukarno, Rabu (23/4/14).

Susanto menuturkan Klinik Hemodialisis ini berdiri atas kerja sama PMI Kota Surakarta dengan Lions Club Solo Bengawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro