Karya desain para pemenang Lomba Desain Batik Raja Ampat, diperlihatkan oleh tim juri./Rahmayulis Saleh
Fashion

Monica Witarsa Juara Pertama Lomba Desain Batik Raja Ampat

Rahmayulis Saleh
Senin, 19 Mei 2014 - 20:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tetapkan desain batik karya Monica Witarsa sebagai juara pertama Lomba Desain Batik Raja Ampat, mengalahkan 583 desain karya peserta lainnya.

Untuk itu, gadis berusia 19 tahun itu berhak memperoleh hadiah sebesar Rp25 juta.

Sementara itu, juara II diraih oleh Sukirman, 33, dari Sleman, DI Yogyakarta, dan berhak memperoleh hadiah Rp20 juta, serta juara III diraih Tri Utama, 22, dari Jakarta Pusat, dan memperoleh hadiah Rp15 juta.

“Hadiah bagi para pemenang Lomba Desain Batik Raja Ampat ini, akan serahkan pada acara pembukaan Sail Raja Ampat yang akan dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Raja Ampat, Papua, pada 21 Juni 2014,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam, di Jakarta, Senin (19/5/14).

Dipo Alam yang juga pendiri Yayasan Batik Indonesia itu, mengumumkan para pemenang lomba Desain Batik Raja Ampat ini, didampingi  tim juri yang dipimpin oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti.

Monica Witarsa adalah seorang pelajar yang berusia 19 tahun asal Surabaya, mengalahkan sebanyak 583 desain yang dikirim peserta lomba tersebut.

Dipo menuturklan Lomba Desain Batik Raja Ampat itu diselenggarakan atas kerjasama Sekretariat Kabinet, Bank BRI, Kemenko Kesra, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, dan Yayasan Batik Indonesia. Kegiatan ini dimulai sejak 17 Maret 2014.

“Saya senang dan bangga. Ada sebanyak  583 desain yang masuk. Itu menunjukkan partisipasi masyarakat yang cukup antusias mengikuti lomba ini,” ungkapnya.

Sebagai pendiri Yayasan Batik Indonesia, Dipo berharap setiap kabupaten memiliki corak batik khas daerah masing-masing, sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut.

Selain juara 1-3 tersebut, katanya, tim juri juga memilih pemenang karya pavorit, juara harapan 1-3, dan sebanyak 10 orang sebagai pemenang berbakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro