Musisi Jazz Muda Yogyakarta Bentuk Album Airbatu

Musik Jazz semakin memiliki tempat di Indonesia, terbukti dari meriahnya pagelaran musik Jazz yang diadakan, misalnya Java Jazz Festival di Jakarta, NgayogJazz di Yogyakarta, dan Solo City Jazz di Solo.
Inda Marlina | 02 Juni 2014 18:17 WIB
Para personel Airbatu - Dokumentasi/Airbatu

Bisnis.com, JAKARTA – Musik Jazz semakin memiliki tempat di Indonesia, terbukti dari meriahnya pagelaran musik Jazz yang diadakan, misalnya Java Jazz Festival di Jakarta, NgayogJazz di Yogyakarta, dan Solo City Jazz di Solo.

Ada pula pagelaran yang baru saja diadakan Maret lalu yaitu Benoa Port Jazz yang diadakan di pelabuhan seperti di Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, Pelabuhan Lembar di Lombok, dan Pelabuhan Tanjung Benoa di Bali.

Menyemarakkan ranah musik Jazz di Indonesia, para musisi berbakat beraliran Jazz di Yogyakarta bergabung menjadi quintet menyajikan musik Jazz yang kuat bernama Airbatu. Album Airbatu berjudul nama quintet itu sendiri ‘Airbatu’ diluncurkan pada Minggu (1/6/2014) lalu di Sekolah Musik Indonesia, Yogyakarta.

Uniknya, musik yang dibawakan quintet ini diciptakan oleh masing-masing personel sebelum mereka bersatu. Setelah mereka bergabung mejadi quintet, mereka kemudian mengaransemen lagu-lagu ciptaan mereka.

Musik Airbatu sendiri terinspirasi dari kehidupan sehari-hari dan hal-hal sederhana di sekitar lingkungan para personelnya.

Pembetot double bass dari Airbatu Victor Prabowo mengatakan salah satu inspirasi juga berasal dari Larung Sembonyo, sebuah ritual melarung di Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur atau dari membaca buku motivasi seperti Secret.

“Proses rekaman kami cukup singkat mulai dari November 2013 hingga Januari 2014,” ujarnya, seperti yang dikutip dari rilis yang diterima Bisnis, Senin (2/6/2014).

Dalam album ini terdapat 6 lagu yang bisa dinikmati. Nama Airbatu sendiri diambil dari pulau kecil di sekitar Jawa Timur yang tidak terkenal.

Quintet ini memang ingin mengajak pendengar mengapresiasi, menyelami, dan mengenal lebih dalam hal-hal sederhana dan terkadang terlupakan di sekitar mereka.

Airbatu terdiri dari musisi-musisi Jazz muda Dias Agusta (gitar), Victor Prabowo (double bass), Okvan Pramudya (drum), Jay Afrisando (soprano saxophone), dan Wiwit Yulian (piano).

Bagi para penggemar musik Jazz bisa mengikuti akun Twitter quintet ini di @AirbatuMusic untuk mendapat info yang lebih lengkap mengenai album mereka.  

Tag : grup musik
Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top