Ilustrasi/Bisnis.com
Health

Kenali dan Hargai Tumbuh Kembang Anak Cerdas Istimewa (1)

Inda Marlina
Sabtu, 7 Juni 2014 - 04:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anak cerdas istimewa atau anak gifted cenderung memiliki kreatifitas dan imaginasi yang tinggi. Salah satu ciri yang umum dari mereka adalah menyukai seni, misalnya seni lukis.

Psikolog Anak dan Keluarga Univeritas Indonesia Irma Gustiana mengatakan anak-anak yang memiliki bakat berlebih tersebut sebaiknya tidak diabaikan. Kesalahan dari orang tua yang tidak memahami, seringkali justru bertindak keras seperti memukul.

Lalu, bagaimana menyikapi anak-anak ini? Salah satu orang tua yang memiliki kemampuan cerdas istimewa Yeni Sahnaz mengatakan kunci utamanya adalah sabar. Selain itu, orang tua harus mengetahui apa yang menjadi kegemaran sang buah hati dan berusaha untuk memberikan fasilitas.

“Setelah mengetahui bahwa anak saya suka melukis, saya membelikan kanvas dan alat lukis,” ujar Yeni.

Hasilnya, putra Yeni justru menghasilkan lukisan yang dipamerkan di Pameran Lukisan Anak Indonesia di Galeri Nasional Jakarta pada 2010.

Irma mengatakan sikap yang harus dilakukan oleh orang tua terhada anak cerdas istimewa antara lain mendorong dan menyediakan aneka kegiatan kreatif, memberi kesempatan pada anak untuk berimajinasi dan berpikir, serta memberikan dukungan.

“Selain itu, anak juga sebaiknya dibiarkan membuat keputusan sendiri dan meyakinkan anak bahwa orang tua mereka menghargai proses,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inda Marlina
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro