Fashion

Tips Mencegah Infeksi Amandel

Atiqa Hanum
Selasa, 17 Juni 2014 - 18:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Tonsilitis atau penyakit radang amandel dapat disebabkan oleh bakteri virus ataupun jamur. Amandel menjadi bengkak, merah, melunak dan memiliki bintik-bintik putih dipermukaannya.

Ada beberapa tips pencegahan infeksi amandel oleh Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan dan Bedah Kepala Leher Brawijaya Women & Children Hospital, Sjaruddin yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat.

Caranya dengan memberikan makanan bergizi, menjaga kebersihan mulut, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, karena pada dasarnya semua hal ini akan mempengaruhi daya tahan tubuh Anda.

Sjaruddin mengatakan harus memperhatikan daya tahan tenggorokan anak Anda. Karena tiap anak memiliki sensitivitas tenggorokan yang berbeda.

Ada yang rentan terhadap makanan yang merangsang iritasi, misalnya makanan yang pedas atau minuman dingin, akibatnya dengan mudah dapat menderita radang tenggorokan oleh karena iritasi, yang merupakan salah satu pemicu infeksi amandel.

“Yang tak boleh lupa ialah kesehatan gigi dan mulut anak. Bila kesehatan mulut sudah baik, maka kuman tidak mudah menginfeksi tubuh hingga amandel pun tidak perlu bekerja ekstra keras untuk membasminya,” jelas Sjaruddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro