Bawang putih/
Fashion

TIPS KESEHATAN: Inilah Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih

Lucky Leonard
Sabtu, 21 Juni 2014 - 13:09
Bagikan

Bisnis.com, LONDON—Siapapun pasti pernah mencoba bawang putih. Sesuatu yang dapat membuat rasa makanan yang lezat, tetapi meninggalkan aroma yang sulit hilang di mulut.

Sekarang peneliti dari Amerika Serikat telah mengungkapkan makanan yang dapat membantu menghilangkan bau yang tidak menyenangkan dari bawang putih.

Mereka mengatakan apel, jus lemon, dan mint yang sangat efektif. Begitu pula dengan teh hijau, peterseli, dan bayam seperti penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science.

Salah satu senyawa dalam bawang putih, allyl sulfida metil (AMS), tidak bisa dipecah selama proses pencernaan sehingga menyebabkan ia akan dikeluarkan dari tubuh dalam napas dan keringat.

Penelitian tersebut mencoba menguji para relawan yang makan bawang putih mentah dan kemudian napas mereka diukur. Mereka kemudian mencoba berbagai makanan untuk menghilangkan baunya.

Dari semua makanan, apel adalah yang paling efektif seperti yang penulis studi Sheryl Barringer katakan. Sebuah apel atau jus lemon dapat membantu meringankan bau mulut dengan 'deodorising' enzim dalam bawang putih.

Semua makanan yang mereka yang efektif menghilangkan bau bawang putih juga kaya senyawa yang disebut polifenol, yang memecah senyawa dalam bawang putih yang tajam. Keasaman jus lemon juga dapat membantu proses deodorising.

Penelitian Profesor Barringer sebelumnya telah menemukan bahwa susu dapat secara signifikan mengurangi konsentrasi bahan kimia yang membuat bau bawang putih bertahan lama.

Menurutnya, segelas kecil (200ml) susu dapat mengurangi keberadaan AMS pada nafas sebesar 50 persen. Susu penuh lemak memberikan hasil yang lebih baik daripada skim dan itu juga lebih baik jika diminum bersamaan dengan makan, bukan sesudahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lucky Leonard
Editor :
Sumber : dailymail
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro