Ilustrasi/Bisnis.com
Fashion

TIPS SEHAT: Ini Cara Hindari Ancaman Herpes Simpleks

Inda Marlina
Rabu, 2 Juli 2014 - 13:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Penyakit herpes beragam. Salah satu penyakit herpes yang sering dialami oleh masyarakat dan cukup berbahaya adalah herpes simpleks.

Herpes simpleks merupakan penyakit berasal dari virus herpes simpleks (HVS) yang menyerang di daerah kulit dan kulit area alat kelamin. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini mirip dengan herpes zoster yaitu dimulai dengan peradangan kulit, gatal-gatal, lenting berisi air, kulit melepuh, dan terasa sakit pada sekitar otot yang terkena virus tersebut.

Herpes simpleks yang menyerang alat kelamin seringkali ditularkan melalui hubungan seksual. Jenis penyakit ini pun juga bisa menular melalui udara bila imun di dalam tubuh menurun.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Kelompok Studi Herpes Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) Hanny Nilasari mengatakan penyebab dari herpes simpleks berbeda dengan herpes zoster karena tidak berasal dari manifestasi penyakit cacar air yang pernah dialami oleh pasien.

“Meski demikian, antara virus herpes zoster dan herpes simpleks juga tidak bisa hilang dari dalam tubuh, sehingga kemungkinan bisa kambuh bila sistem imun dalam tubuh menurun,” ujarnya.

Untuk mengobati herpes simpleks, sebaiknya pasien segera berobat ke dokter. Tindakan suportif yang bisa dilakukan agar mempercepat kesembuhan dari penyakit kulit tersebut antara lain tidak mengenakan pakaian ketat, menjaga kebersihan dengan mandi, dan istirahat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inda Marlina
Editor : News Editor
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro