Fashion

5 Makanan/Minuman Pencegah Penyakit Jantung

Nadya Kurnia
Jumat, 11 Juli 2014 - 18:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Upaya memelihara kesehatan jantung dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan membatasi konsumsi makanan mengandung lemak jenuh.

Berolahraga tanpa menerapkan healthy and clean eating tentunya tidak akan terlalu efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah menumpuknya lemak tak sehat di pembuluh darah.

Berikut 5 makanan/minuman yang dapat membantu anda memelihara kesehatan jantung anda, dirangkum oleh WebMD :

1. Rempah-rempah sehat

Daun kering yang dijadikan rempah-rempah untuk masakan rupanya bermanfaat baik. Daun rosemary, sage, oregano, dan thyme mengandung antioksidan. Selain itu, daun-daunan ini memberikan rasa sebagai ganti penggunaan garam dan gula yang berlebihan.

2. Anggur merah

Siapa sangka anggur merah merupakan minuman beralkohol yang baik bagi jantung? Minuman ini berdampak baik apabila diminum tak lebih dari satu gelas bagi wanita, dan dua gelas bagi pria. Anggur merah mengandung resveratol dan catechins, dua antioksidan yang membantu melindungi dinding pembuluh arteri.

3. Ikan Salmon dan Tuna

Salmon dan Tuna kaya akan DHA dan Omega 3 yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit ritme jantung tak beraturan dan tekanan darah rendah. Anda dapat mencampurkan sedikit potongan daging salmon dan tuna ke dalam campuran salad anda.

4. Extra Virgin Olive Oil

Minyak yang dibuat dari proses saring zaitun yang pertama kali ini kaya akan antioksidan yang disebut juga dengan polyphenols, kandungan ini dapat membantu melindungi pembuluh darah. Minyak zaitun juga kaya akan monounsaturated fats, lebih baik menggunakan minyak zaitun sebagai salad dressing daripada menggunakan mayonaise.

5. Wortel

Sayuran ini dapat membantu mengontrol level gula pada darah anda dan tentunya dapat membantu anda menghindari diabetes. Wortel juga membantu menyerap kolesterol, sebab sayur ini merupakan sumber serat tinggi yang baik untuk menyerap kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Taufik Wisastra
Sumber : WebMD.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro