Ilustrasi/Bisnis
Fashion

TiPS KESEHATAN: 5 bahan alami atasi gejala batuk

Ana Noviani
Jumat, 18 Juli 2014 - 15:46
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA--Batuk kerap muncul dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apabila masih kurang dari tiga hari, Anda bisa mengonsumsi bahan-bahan alami untuk menghilangkan gejala batuk
 
Dokter Carlinda Nekawaty menuturkan batuk bukanlah penyakit, melainkan gejala yang mendahului penyakit, seperti bronchitis dan paru-paru obstruktif kronik pada perokok. 
 
"Batuk kalau masih 1-2 hari boleh pakai bahan-bahan alami sebelum ke dokter. Tapi kalau sudah lebih dari tiga hari harus diperiksakan karena bisa jadi gejala suatu penyakit," ujarnya belum lama ini. 
 
Menurut dokter yang berpraktek di kawasan Jakarta Utara ini, beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan gejala batuk, adalah sebagai berikut:
 
1. Campuran air hangat dan jeruk nipis.
Bagi penderita maag, disarankan untuk menambahkan madu dalam larutan air hangat dan perasan jeruk agar asam lambung tidak naik. Selain itu, madu mengandung zat antiinflamasi sehingga bisa melonggarkan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir. 
 
2. Air jahe hangat.
Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa jahe mengandung zat antiradang dan antiinflamasi sehingga dipercaya dapat meredakan gejala batuk
 
3. Lilin aromaterapi beraroma mentol.
Daun mint atau papermint mengandung zat antiinflamasi yang dapat melegakan pernapasan dan mengurangi batuk
 
4. Mengonsumsi bunga lawang (star anise)
Bunga lawang merupakan ekspektoran atau pengencer dahak alami, sehingga dapat mengeluarkan dahak atau lendir sekaligus menjaga daya tahan tubuh.
 
5. Succus Licorice 
Licorise mengandung zat antiradang tenggorokan, sehingga bisa meredakan batuk dan gejala bronchitis akibat infeksi bakteri atau virus. Bahan ini juga efektif untuk mengurangi/mengencerkan produksi lendir, serta mengurangi bengkak radang tenggorokan karena mengandung zat antiinflamasi. Succus Licorice berasal dari Afrika dan diimpor dalam bentuk ekstrak ke Indonesia. Tanaman akar-akaran ini merupakan salah satu bahan baku pembuat obat batuk hitam (OBH).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro