Ilustrasi/Reuters
Fashion

TIPS PUASA BUGAR: Tetap Olahraga Saat Puasa

Ana Noviani
Senin, 21 Juli 2014 - 19:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Berpuasa bukan halangan untuk menjalankan kebiasaan berolahraga. Kuncinya, dengan menggeser waktu dan mengurangi durasi.

Dokter Olahraga Hario Tilarso mengatakan olahraga tetap dapat dilakukan selama berpuasa. Bagi orang yang terbiasa berolah raga di pagi hari, hal tersebut tetap dapat dilakukan, tetapi durasinya diperpendek.

"Latihan pagi bisa dilakukan, tapi durasinya dikurangi. Karena saat puasa kalori yang dikonsumsi sedikit, jadi tidak bisa dipaksakan untuk latihan dalam durasi yang lama," katanya.

Selain itu, olahraga bisa dilakukan satu jam sebelum waktu berbuka puasa dan dua jam setelah makan besar pada malam hari.

"Bisa juga pada 17.00 WIB di-push sampai buka puasa. Atau setelah makan besar, sampai malam," ujar Hario.

Olahraga, imbuhnya, tetap harus dilakukan saat puasa. Agar tubuh tetap melakukan aktivitas fisik dan tidak jadi penimbunan kalori.

Tak hanya olahraga, suplemen dan vitamin juga diperlukan untuk keseimbangan nutrisi dan melengkapi zat gizi, seperti vitamin, serat, dan mineral.

"Suplemen dibutuhkan ketika aktivitas meningkat. Penggunaan suplemen akan lebih efektif lagi bila dibarengi dengan olahraga rutin," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro