Pekerja pabrik menyelesaikan proses produksi sepatu. /WD-Bisnis.com
Fashion

3 TIPS KEMBALI MASUK KERJA: Setelah Menikmati Libur Panjang

Rahmayulis Saleh
Minggu, 3 Agustus 2014 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rutinitas bekerja kembali dimulai Senin besok (4/8/2014), setelah menikmati libur panjang Lebaran Idulfitri 1435 Hijriah.

Agar tubuh kembali siap bekerja dan melakukan rutinitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Prof. Tjandra Yoga Aditama, Kepala‎ Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementeriaan Kesehatan, mengatakan dari sisi kesehatan, maka setidaknya ada 3 hal yang perlu jadi perhatian.

Pertama, katanya, dampak dari kelelahan aktivitas liburan dan pulang mudik. Bukan tidak mungkin, bahkan ada ‎yang baru kembali dari mudik Minggu, dan Senen sudah langsung bekerja/beraktivitas.

"Kelelahan tentu dapat membuat kinerja menurun, dan daya tahan tubuh turun, sehingga lebih mudah sakit," kata Tjandra melalui surat elektroniknya yang diterima Minggu (3/8/14).

Pemecahannya, lanjutnya, sebaiknya memang ada waktu istirahat pemulihan dulu sebelum masuk bekerja. Selain itu juga‎ dapat mengonsumsi makanan bergizi, dan bila perlu minum vitamin.

Masalah kesehatan kedua, tambahnya, adalah kemungkinan gangguan saluran cerna, yang terdiri dari 2 bagian. Yaitu infeksi akibat makanan tidak bersih ketika mudik atau berwisata, dan kemungkinan lain gangguan lambung akibat pola makan yang banyak dan tidak teratur.

"Solusinya, segeralah kembali ke pola makan yang sehat dan seimbang," ujarnya.

Masalah kesehatan ketiga, kata Tjandra, adalah kemungkinan kambuh atau memburuknya penyakit kronik yang memang tadinya sudah lama ada. Hal ini dapat terjadi karena lupa makan obat rutin waktu sibuk mudik/libur panjang, konsumsi makanan tidak terukur, dan juga mungkin karena kelelahan.

Untuk mengatasinya adalah dengan mencek ulang penyakit kronik yang memang selama ini dipunyai‎, seperti diabetes mellitus, hipertensi, gangguan asam urat, dan lainnya. Kemudian mengatasinya sesuai dengan masalah yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro