/repro
Fashion

Makanan yang Cocok Bagi Usia Lanjut

Nadya Kurnia
Selasa, 19 Agustus 2014 - 20:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring dengan lanjutnya usia, tak semua makanan dapat dikonsumsi oleh manusia. Apalagi bagi beberapa orang yang harus rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu, makanan yang dikonsumsi pun harus diperhatikan.

Buah anggur misalnya, dapat berpengaruh terhadap obat darah tinggi, insomsia, atau kecemasan. Untuk mendapatkan asupan vitamin C, sebaiknya mengonsumsi buah jeruk atau lemon.

Kesehatan gigi pun menjadi masalah utama di usia lanjut. Tak semua makanan dapat dikonsumsi dengan nyaman. Seperti sayuran mentah misalnya, yang meskipun sehat tapi tak dapat dikonsumsi karena gigi yang mulai keropos. Untuk mengakalinya, anda dapat menjadikan buah-buahan itu sebagai jus atau puree.

Makanan berkadar garam tinggi pun tak dianjurkan bagi orang berusia 40 tahun ke atas dan beresiko tinggi. CDC (United States Centers for Disease Control and Prevention), merekomendasikan agar para lanjut usia tak mengonsumsi garam lebih dari 1.500 mg per hari. Terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah anda.

Yang paling akhir, beberapa orang bisa jadi memiliki masalah pencernaan akibat produk berbahan dasar susu (dairy product) pada usia lanjut. Meskipun begitu, kandungan kalsium dan protein pada dairy product sangat berguna bagi tubuh anda.

Untuk mengakalinya, anda dapat mengonsumsi dairy product dengan porsi yang sedikit. Selain itu anda juga dapat mengonsumsi dairy product dengan pilihan rendah lemak atau produk bebas laktosa.

Sumber : Webmd.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro