Jupe ikutan kampanye Ice Bucket Challenge/Instagram Julia Perez
Fashion

Kampanye Ice Bucket Challenge Merebak di Media Sosial. Jupe pun Ikutan. Apa Penyebabnya?

Feni Freycinetia Fitriani
Jumat, 22 Agustus 2014 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - -Lini masa media sosial masyarakat dunia sekarang ini sedang dipenuhi oleh sebuah gerakan viral.

Di Indonesia, kampanye ini bahkan dilakukan sejumlah selebritis termasuk Julia Perez yang akrab dipanggil Jupe.

Ya, Anda pasti pernah (atau mungkin sedang) menonton rekaman video berisi seorang yang diguyur oleh seember air yang sudah dicampur es batu. Yang unik, video ini tak hanya dilakukan oleh masyarakat biasa, tetapi artis-artis Hollywood.

Konsep gerakan ini sangat sederhana. Seperti dilansir Huffington Post, gerakan yang diberi nama The Ice Bucket Challenge ini terdiri dari orang-orang yang membuang seember air es ke atas kepala mereka dan menantang orang lain untuk melakukan hal serupa.

Konsep tantangan ini telah mendorong jutaan orang, bahkan artis tenar, untuk melakukannya. Saking terkenalnya, gerakan ini menembus rekor terbesar dalam sejarah viral Facbook dan  mendorong orang menyumbang jutaan dolar dalam sumbangan untuk Asosiasi ALS.

Kegiatan ini merupakan salah satu hit terbesar dalam viral sejarah Facebook: perusahaan mengatakan pada hari Senin bahwa 2,4 juta video. Lebih dari 28 juta orang telah membagi, berkomentar atau menyukai posting yang berkaitan dengan Ice Bucket Challenge.

"Konsep ini jenius karena menggabungkan tantangan, donasi, dan internet," ujar Neetzan Zimmerman, mantan editor di Gawker.

Kekhasan Ice Bucket Challenge adalah sangat mudah untuk dilakukan. Rasanya seperti Anda sedang berteriak di forum publik, dan ada rantai surat-seperti "menyebarkannya" alam di menautkan orang lain.

"Orang-orang ingin terlihat baik kepada orang lain, sehingga sulit untuk menolak tantangan ini," Jonah Berger, penulis Contagious: Why Things Catch On menulis dalam sebuah email ke The Huffington Post. "ALS adalah penyebab besar, jadi ketika seseorang meminta Anda langsung untuk melakukan hal ini, sulit untuk menolak mereka tanpa terlihat seperti orang jahat."

The Ice Bucket Challenge telah menyumbang besar untuk Asosiasi ALS, sebuah organisasi nirlaba yang melakukan penelitian dan memberikan bantuan bagi mereka dengan gangguan neurologis melemahkan, juga dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig.

Organisasi itu mengatakan Selasa pagi bahwa itu menerima US$22,9 juta sejak 29 Juli - naik dari US$1,9 juta pada periode yang sama tahun lalu.

Yang menarik, tantangan ini menyebar ke kalangan selebriti Hollywood. Beberapa selebriti yang kepalanya disiriam seember air es a.l. Oprah Winfrey, Jennifer Lopez, Justin Timberlake, Britney Spears, bahkan editor Vouge Anna Wintour.

Anda tertarik untuk mencoba tantangan ini?
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro