Fashion

Merek Fashion Ternama Dunia Lirik Industri Hiburan Korsel

Annisa Lestari Ciptaningtyas
Minggu, 31 Agustus 2014 - 22:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pertumbuhan industri hiburan Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir sangatlah pesat. Siapa yang tak kenal penyanyi rap Psy, lagunya yang berjudul “Gangnam Style” sudah akrab di telinga kita.

Gerakan khas ala Gangnam Style juga sudah mendunia, bagaimana tidak, klip musik miliknya menjadi video pertama yang pernah diputar lebih dari 100 juta kali di Youtube.

Rekor ini merupakan hal yang pertama kali bagi musik pop Korea. Sejak pertama kali dirilis pada 15 Juli 2012, lagu tersebut meraih peringkat dua dalam tangga lagu Billboard dan peringkat satu di tangga lagu Cina.

Bukan hanya Psy, G-Dragon, juniornya juga berasal dari agensi yang sama juga merupakan artis Korea pertama yang menurut CNN travel menjadi alasan mengapa Seoul merupakan kota yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.

Pada tahun 2013, G-Dragon dan bandnya BigBang sukses menggelar konser dunia dengan penonton yang mencapai lebih dari 800.000. BigBang juga menjadi artis Korea pertama yang menyelenggarakan konsernya di stadion Wembley, Inggris dan Tokyo Dome, Jepang.

Keberhasilan musik pop Korea secara internasional ini dilirik oleh merek fashion terkenal untuk berinvestasi dan memperluas pasarnya.

Baru-baru ini salah satu merek mewah paling terkenal di dunia, LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton berinvestasi di agensi yang menaungi artis korea seperti Psy, BigBang, 2NE1, yakni YG Entertainment senilai US$80 juta. Nilai tersebut akan mendapat sekitar 15-20% dari total nilai pasar YG Entertaintment.

LVMH yang membawahi beberapa merek-merek mewah, termasuk Dio, Bulgari, Marc Jacobs, dan TAG Heuer akan menjadi pemegang saham kedua terbesar dari agensi Korea tersebut.

Sebelumnya, Samsung Group melalui anak perusahaannya yang bergerak di bidang industry pakaian, Cheil Industries bekerja sama dengan YG Entertainment untuk memasarkan merek mode yang bernama NONA9ON. Merek tersebut akan segera beredar di pasaran pada 9 September mendatang.

Tidak berhenti disitu, rumah-rumah mode terkenal lainnya juga kini mulai mengendorse artis-artis korea untuk memasarkan barang-barang produksinya.

Pada Paris Fashion Week yang digelar Januari 2014 lalu, desainer pakaian ternama seperti Karl Lagerfeld, Rick Owens, Thom Browne, Juun J, dan Rei Kawakubo mengundang G-Dragon dan Taeyang dari BigBang untuk menyaksikan pertujukan yang digelar selama satu pekan itu.

Merek mewah dan terkenal seperti Chanel, Saint Laurent, dan Comme Des Garcons memberikan barang-barang produksinya kepada dua artis kenamaan Korea tersebut secara cuma-cuma. Penampilan dan gaya berpakaian artis Korea juga sedikit banyak mempengaruhi desain pakaian-pakaian merek terkenal tersebut.

Dengan kerjasama dari dua industri fashion dan industri hiburan Korea ini, pengamat bisnis memprediksi bahwa kesepakatan investasi ini menjadi cara bagi entitas bisnis tersebut untuk menciptakan sebuah platform untuk memperluas pasarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Sumber : parisfashionweek.com, soompi.com, travel.cnn.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro