Makanan kuliner/Bisnis
Kuliner

Kuliner Nusantara ala Cafe Gran Via

Agnes Savithri
Rabu, 3 September 2014 - 18:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Bicara mengenai masakan Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Indonesia yang memiliki 33 provinsi dengan setiap daerahnya memiliki belasan bahkan puluhan makanan tradisional membuat Indonesia kaya akan cita rasa tradisional.

Cafe Gran Via, Hotel Grand Melia, ini menyediakan menu-menu tradisional daerah. Dengan tema Selera Nusantara, Executive Sous Chef Apep Hendrawan siap membawa para pengunjung menjelajah rasa kuliner Indonesia.

Hadir dengan konsep prasmanan, pengunjung dapat mencicipi berbagai menu seperti Mie Gomak yang merupakan sajian khas Sumatera Utara. Sajian ini sering juga disebut dengan Spaghetti Batak. Rupanya mirip dengan Spaghetti asal Italia namun tentu rasanya berbeda.

Mie Gomak memiliki rasa yang unik karena menggunakan bumbu khas dari Sumatera Utara, yakni andaliman. Andaliman merupakan sejenis bumbu-bumbuan yang memiliki harum seperti jeruk namun memiliki rasa pedas.

Selain Mie Gomak, hadir juga sajian nusantara khas Makassar yakni Coto Makassar. Tampilannya mirip dengan soto, namun yang membedakan adalah isi di dalam kuahnya. Coto Makassar berisi jeroan sapi  dan kuahnya bening bukan dari santan. Kuah coto tentunya dibuat dengan racikan bumbu yang spesial sehingga tidak menimbulkan bau amis dari jeroan.

Tak ketinggalan Rendang panganan khas Minang ini bisa pengunjung nikmati di Gran Via. Rendang tidak hanya menjadi favorit sajian di Indonesia namun sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Tidak hanya terkenal dengan keanekaragaman makanan khas daerah, Indonesia pun kaya akan bumbu rempah-rempah. Salah satunya adalah ketumbar yang digunakan dalam salah satu menu kuliner nusantara Gran Via, Ayam Bakar Ketumbar.

Ayam ini dimasak menggunakan berbagai bumbu namun ketumbar menjadi bumbu yang dominan. Selain itu bisa juga ditambahkan cabai rawit, jeruk nipis atau jahe. Tambahan ini bisa digunakan sesuai selera.

Bagi pengunjung yang menyukai sayuran pun bisa menikmati salad khas Indonesia, Gado-gado. Tidak hanya sayuran, tahu, tempe dan telur rebus pun menjadi pengisi di gado-gado. Panganan yang disiram dengan bumbu kacang ini bisa dinikmati dengan nasi atau lontong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro