Fashion

5 Tips Atasi Gejala PMS

Deandra Syarizka
Kamis, 18 September 2014 - 19:06
Bagikan

5 Tips Atasi Gejala PMS

Setiap perempuan setidaknya mengalami satu kali kejadian yang tidak menyenangkan akibat Pre-Menstrual Symptops (PMS). Agar siklus bulanan ini tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, berikut 5 tips atasi gejala PMS menurut ahli kesehatan, nutrisi dan gaya hidup asal Australia Fiona Caddies.

  1. Manajemen Stress

Cortisol atau lazim juga diketahui sebagai “hormon stress” adalah sebuah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenalin di sepanjang hari. Dalam dosis yang kecil, cortisol dapat memberikan pengaruh baik bagi tubuh. Namun sebaliknya, jika diproduksi berlebihan, dia dapat memberikan pengaruh buruk bagi fungsi kognitif kita, hingga mempengaruhi pola tidur, tekanan darah, fungsi tiroid, kadar gula dalam darah, dan sebagainya.

 Untuk menghambat reaksi ini, Anda dapat melakukan aktivitas-aktivias yang menenangkan sistem saraf, seperti meditasi, membuat catatan harian, yoga, dan menghabiskan waktu di alam terbuka.

2. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

 Sayuran hijau seperti brokoli, sawi, kol, bayam, mengandung Indole-3-carbinol, yang merupakan zat yang berguna dalam proses detoksifikasi liver dan membantu proses produksi hormon menjadi lebih baik. Jadikan sayuran hijau menjadi menu wajib Anda dan Anda satu langkah lebih dekat menuju produksi hormon seimbang.

 3. Kurangi Makanan Siap Saji

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karbohidrat yang terkandung pada roti dan makanan-makanan manis yang mengandung gula seperti croissants dan kue-kue kecil dapat meningkatkan gejala PMS. Sebagaimana filosofi untuk hormon bahagia, motto yang mesti kita pegang adalah makanlah makanan yang alami.

 4. Tidur Cukup

Bukan rahasia lagi dalam dunia kesehatan bahwa memang ada simbiosis antara tidur dan hormon tubuh. Ketidakseimbangan hormon dapat mengacaukan pola tidur dan di saat yang sama, pola tidur yang tidak teratur dan kualitas tidur yang buruk juga dapat memberikan pengaruh negatif bagi produksi hormon. Tidurlah setidaknya 8 jam dalam sehari. Dengan kualitas tidur yang baik, Anda akan melihat perubahan yang baik terjadi pada kesehatan Anda.

 5. Konsultasikan ke ahlinya

 Konsultasikan masalah Anda ke ahli gizi untuk mendapatkan herbal atau suplemen-suplemen yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi liver Anda. Ahli gizi dapat membantu Anda dengan memberikan herbal untuk mengendalikan tingkat stress, meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki produksi progesteron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Sumber : http://www.lifestyle.com.au/health/5-tips-to-improve-pms-symptoms.aspx
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro