Fashion

Emas 24 Tidak Ideal Buat Perhiasan

Ana Noviani
Senin, 6 Oktober 2014 - 20:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Konon, emas 24 karat dengan kadar kemurnian 99,99% tidak ideal untuk dikreasikan menjadi perhiasan lantaran terlalu lunak dan rentan tergores. Hal itu membuat produsen perhiasan emas kerap menggunakan bahan campuran yang membuat tingkat kemurnian emas pada perhiasan hanya sekitar 96,5%. 

Namun, mitos tersebut berhasil dipatahkan oleh Roger Ip. Desainer dan Pendiri Gold Master ini sukses meluncurkan koleksi perhiasan berbahan dasar emas murni 24 karat dengan tingkat kemurnian 99,99%. Kesuksesan itu membuat Roger Ip dan produk Gold Master menyandang predikat sebagai jawara pandai emas dari World Gold Council (Dewan Emas Dunia).
 
Menyambut musim gugur, produsen perhiasan emas yang berbasis di Thailand ini, meluncurkan koleksi terbarunya. Nuansa floral khas Asia mendominasi desain Gold Master kali ini. 
 
Koleksi musim gugur Gold Master terdiri dari enam kategori desain. Kategori kontemporer memunculkan aura modern dengan desain yang futuristik, geometrik, dan abstrak. Adapun desain flower paradise mengangkat keindahan bunga-bunga dengan detail yang rumit. 
 
Tengok saja sebuah cincin emas bertahtakan sebuah bunga teratai cantik yang sedang mekar. Setiap kelopak bunga dibentuk dengan sempurna sehingga menampilkan efek 3 dimensi yang memukau.
 
Selain bunga teratai, motif bunga mawar, bunga tulip, dan bunga sakura juga diaplikasikan pada koleksi perhiasan Gold Master. Motif daun teratai lengkap dengan ikan kecil 3D yang menggemaskan sangat cocok untuk mempercantik pergelangan tangan.
 
Nuansa alam juga muncul pada desain berjudul organic feature. Berlatar belakang Asia, Gold Master mengaplikasikan motif binatang yang erat kaitannya dengan ilmu astrologi Tiongkok. Desain kuda dan harimau dikreasikan menjadi liontin, sedangkan kupu-kupu dan lebah menjadi inspirasi sejumlah desain bros. 
 
Ekspresi kemewahan klasik tampil dalam koleksi berjudul pure essence. Kombinasi emas putih dan emas kuning juga ditampilkan Gold Master pada desain berjudul harmonique.
 
"Kita juga bisa custom membuat foto ke dalam liontin atau plat emas di dalam bola kristal untuk pajangan. Pembuatannya di Thailand," kata Aji Iswanto, Retail and Wholesale Manager Goldmart selaku distributor tunggal Gold Master di Indonesia.
 
Sekilas, koleksi perhiasan emas 24 karat berkadar 99,99% ini tampak kusam. Desain dove sengaja dipilih untuk memberikan kesan unik dan mewah meski permukaan perhiasan tidak tampil mengkilat.
 
Menurut Aji, tampilan dove merupakan bentuk asli emas 24 karat. Namun, perlu semprotan dan goresan untuk membuatnya tampil lebih sempurna.
 
"Kalau tampilan mengkilat itu karena digosok, aslinya emas memang tidak shining. Kalau ini pakai teknik semprot dove," katanya. 
 
Koleksi Gold Master ini terdiri dari berbagai varian, mulai dari anting, kalung, gelang, cincin, bros, hingga collier (kalung besar). Beberapa motif ditampilkan dalam satu set yang terdiri dari cincin, gelang, dan collier.  
 
Soal harga, koleksi ini dijual berdasarkan satuan berat (gram) yang patokan harganya berfluktuasi sesuai harga emas dunia. Pada Jumat (04/10), setiap gram perhiasan Gold Master dibanderol seharga Rp1.090.000. 
 
Kerumitan desain dan kekayaan detail membuat harga perhiasan Gold Master nyaris dua kali lipat lebih mahal dari harga emas batangan yang dilansir PT Aneka Tambang (Antam) Rp523.000/gram.
 
Dengan harga yang premium, Goldmart menjanjikan garansi seumur hidup dengan jaminan reparasi gratis untuk setiap unit perhiasan Gold Master. Eksklusivitas pun dikedepankan dengan memastikan setiap desain hanya akan tersedia sebanyak maksimal lima unit di Indonesia.
 
Koleksi Gold Master ini dapat diperoleh mulai dari Rp3 juta untuk sepasang anting kecil, Rp27 juta-50 juta untuk gelang, dan Rp97 juta-127 juta untuk collier cantik seberat lebih dari 100 gram. 
 
Perhiasan mewah dari logam mulia ini perlu perawatan yang agak istimewa. Sebisa mungkin, penggunanya harus menghindarkan perhiasan Gold Master dari benturan keras, serta paparan detergen dan parfum. Dua bahan kimia tersebut berisiko menimbulkan bercak merah pada permukaan perhiasan. Tak perlu khawatir, bercak merah tersebut dapat lenyap jika dicuci dengan mesin khusus. 
 
Koleksi Musim Gugur Gold Master ini dapat diperoleh di sejumlah gerai Goldmart Indonesia a.l. di Plaza Indonesia, Supermall Karawaci, Bandung Indah Plaza, Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Margo City Depok, dan Mall Olympic Garden Malang. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro