Gran Melia Jakarta menyediakan prasmanan untuk makan siang dan malam. /Bisnis.com
Kuliner

Yuk! Nikmati Sajian Masakan India di Gran Melia Jakarta

Miftahul Khoer
Sabtu, 11 Oktober 2014 - 12:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Gran Melia Jakarta akan menggelar Indian Food Promotion pada 20-30 Oktober 2014 dalam memperingati Festival Diwali atau pemujaan terhadap Dewa kekayaan dan kemakmuran.

Nasrullah Taufik, Trainee Marketing and Communications mengatakan Gran Melia Jakarta akan menyajikan sajian khas India, antara lain Murk Handi Biryani, Goan Fish Curry, Ajwani Tandoori Salmon, Chicken Tikka, Gulab Jamun, Rasgula Rasmalai, dan aneka hidangan khas India lainnya.

"Merayakan Diwali merupakan salah satu hal terpenting dalam festival penuh warna ini, Cafe Gran Via, Coffee Shop 24 Jam dengan konsep prasmanan (buffet) internasional," katanya dalam rilis yang diterima, Sabtu (11/10/2014).

Diwali ditandai sebagai suatu perayaan untuk menyambut tahun baru umat Hindu berdasarkan pada kalender Hindu.

Menurut kalendar Hindu, setiap bulan baru dimulai setelah bulan purnama, oleh karena itu perayaan festival ini sangat beragam dari tahun ke tahun.

Perayaan Diwali yang berasal dari India ini juga dikenal dengan perayaan Deepavali di bagian selatan negara India, festival ini sangat identik dengan kemeriahan kembang api, cahaya lampu dan juga dipercaya untuk memperkuat ikatan keluarga dan teman.

Ratna Sjamsiar Idris, Director of Marketing & Communications Gran Melia Jakarta, mengatakan selama promosi Diwali, Gran Melia Jakarta menyediakan prasmanan untuk makan siang dan malam.

"Para tamu yang melakukan pemesanan individu atau grup, dilengkapi dengan variasi hidangan khas India, terutama hidangan khas Diwali dengan cita rasa yang tinggi dan memberikan cita rasa asli India," paparnya.

Dia mengatakan tim Chef dari Cafe Gran Via, Gran Melia bekerja keras untuk mendapatkan bahan-bahan herbal terbaik, rempah-rempah, sayuran segar dan daging premium untuk mempersiapkan hidangan otentik India.

Pihaknya mengklaim dalam proses memasak selalu menggunakan daging segar, sehingga memberikan rasa yang sangat lezat.

"Itulah alasan mengapa sajian daging domba dan ayam kami menjadi favorit para tamu, terutama untuk Tandori Lamb Chop dan Chicken Tikka yang tidak boleh dilewatkan” katanya.

Salah satu karakteristik yang paling dikenal dari hidangan India adalah karena rasanya yang kaya akan rempah-rempah dan sayuran dalam penyajiannya.

Dari seluruh masakan di dunia, hidangan India merupakan salah satu hidangan yang sangat beraroma dan penuh warna.

Masakan India juga sangat beragam seperti halnya keragaman budaya, agama, geografi, iklim dan tradisi yang dimiliki India.

Hal tersebut dikombinasikan menjadi satu untuk dapat menciptakan hidangan khas India yang kaya akan rasa.

Dia menambahkan, dengan keanekaragaman masakan khas India, Gran Melia Jakarta menawarkan variasi hidangan tradisional khas India, yang secara khusus di sajikan oleh Executive Sous Chef Apep Hendrawan yang juga memimpin tim Chef dari Cafe Gran Via.

"Selama perayaan Diwali, hidangan penutup khas India yang sangat populer tersedia dalam menu prasmanan, termasuk Jalebi, yang merupakan adonan berbentuk spiral yang digoreng dan dilapisi oleh sirup gula dan berwarna oranye," katanya.

Gulab Jamun merupakan adonan yang digoreng berbentuk bola dan juga dilapis oleh sirup gula, Rasmalai- hidangan penutup khas Bengali yang terdiri dari bola paneer lembut yang direndam dalam susu, serta Rasgulla yang disebut sebagai makanan penutup paling populer di India.

Menurutnya, masakan India Selatan memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan masakan India Utara. "India Utara selalu menggunakan tomat untuk menampilkan rasa asam sementara India Selatan pada umumnya menggunakan Tamarin."

Masakan India Selatan lebih cenderung untuk para vegetarian dibandingkan dengan masakan India Utara. "Hidangan sayuran merupakan hidangan yang umum di selatan, dan nasi merupakan makanan pokok. Sementara itu di Utara, nasi seringkali diganti oleh roti"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Miftahul Khoer
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro