Cover buku 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe.
Referensi

Wow, Asal Usul Nama Slipi Dari Kata Sleepy

Nurudin Abdullah
Sabtu, 18 Oktober 2014 - 00:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Slipi merupakan nama salah satu tempat di Jakarta Barat, yang terkenal karena letaknya strategis.

Kawasan itu sering dilalui warga Ibu Kota yang hendak menuju ke arah Kebun Jeruk-Tanah Abang, Kebayoran-Petamburan-Tanah Abang atau dari Grogol menuju Cawang-Kuningan-Pasar Minggu.

Kini Slipi juga makin dikanal karena ada pusat perkantoran Jakarta Design Center dan Apartemen Slipi.

Semenjak pendudukan kolonial Inggris, Slipi terkenal sebagai salah satu pusat niaga di Batavia. Saudagar dari Arab, Tionghoa, Batak dan Bugis selalu menyingahinya.

Menurut Zaenuddin HM, dalam buku karyanya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman dan diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012, bahwa Slipi dianggap sebagai tempat paling netral.

Tempat itu dianggap paling netral dari pada pelabuhan Sunda Kelapa, antara lain karena harga produk yang ditawarkan lebih rendah, dan pelabuhan dianggap sudah tidak aman, banyak pemberontakan oleh warga Indonesia.

Maka Gubernur Jendral Dandles (sampai 1811) menetapkan Slipi sebagai kawasan niaga, sebelum kemudian digantikan oleh Lentan Gubernur Thomas Stamford Raffles (Raffles-1811-1816), Batavia di bawah kendali Inggris.

Untuk itu bermulalah kedihupan multi-etnis di wilayah itu, dan Raffles kemudian meletakakan dasar kebijakan ekonomi untuk Pulau Jawa, terutama Slipi.

Sumber lain, menyebutkan pada era 1970-1980an tempat ini disebut Bunderan Slipi karena bentuknya memang melingkar sehingga kendaaan harus berputar jika hendak berganti arah tujuan,

Karena bentuknya melingkar dan lalu lintasnya sering macet, menyebabkan banyak pengendara mudah ngantuk, sehingga diduga, walaupun sepertinya hanya bergurauan, Slipi beralas dari kata sleepy yang berarti ngantuk atau tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro