Ilustrasi rumah sakit/bisnis.com
Fashion

BKKBN Akui Kualitas Pelayanan KB di Rumah Sakit Kian Menurun

Rahmayulis Saleh
Senin, 20 Oktober 2014 - 15:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir cakupan pelayanan program keluarga berencana (KB) di rumah sakit belum sesuai harapan, dan bahkan terjadi penurunan.

Untuk itu dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan KB di rumah sakit, maka dibuat berbagai terobosan dan inovasi dalam bentuk revitalisasi Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS).

Fasli Jalal, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), mengatakan ketidakmampuan rumah sakit dalam menghadapi perubahan lingkungan, dapat membawanya ke dalam situasi cycle of death, yang akhirnya berdampak pada memburuknya kinerja serta citra rumah sakit tersebut.

Salah satu solusi untuk meningkatkan daya saing rumah sakit Indonesia, adalah dengan melakukan peningkatan mutu dan inovasi di pelbagai bidang,” kata Fasli dalam rilis BKKBN yang diterima Senin (20/10/2014).

Untuk itu dalam upaya meningkatkan peran rumah sakit, dan mensukseskan program KBRS, BKKBN bekerja sama dengan Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) memberikan penganugerahan Persi Award kepada RS.

Tujuan penganugerahan ini adalah meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB di rumah sakit. Ada penilaian khusus oleh BKKBN meliputi pelayanan KB di dalam RS dengan manajemen tim PKBRS, paviliun KB, cakupan kontrasepsi dan implant, RS dengan pencapaian IUD Post Partum. Rata-rata pencapaian jumlah peserta KB baru sebanyak lebih dari 60% per bulan dalam 6 bulan terakhir (periode Januari-Juni 2014), dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro