Ilustrasi
Relationship

Mau Berolah raga di Malam Hari? Simak Dulu Tips Berikut

Rahmayulis Saleh
Jumat, 24 Oktober 2014 - 00:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ingin melakukan olah raga di malam hari? Boleh saja. Tapi ingat, sebaiknya di dalam ruangan.

Dokter spesialis olah raga Ade Jeanne DL Tobing mengatakan karena keterbatasan waktu, kini banyak orang melakukan olah raga di malam hari.

“Banyak orang yang sadar akan pentingnya tubuh sehat dan bugar. Karena sibuk bekerja dari pagi sampai sore, mereka meluangkan waktu di malam hari untuk berolah raga. Itu boleh saja, dari pada tidak berolahraga sama sekali,” ujarnya dalam acara diskusi Waktunya Bergerak Sekarang yang diadakan Anlene, di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Dia menyarankan sebaiknya olah raga pada malam hari dilakukan dalam ruangan. “Pilihlah olah raga indoor seperti badminton, berenang, gym, dan lari,” ungkap Spesialis Kedokteran Olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Dia menjelaskan pada malam hari pepohonan akan menghasilkan karbondioksida dan mengambil oksigen. Oleh karena itu tidak dianjurkan melakukan olahraga malam hari di area yang banyak pepohonan. Hal itu tidak baik untuk kesehatan paru-paru manusia, angin malam juga tidak baik bagi tubuh.

Selain itu, lanjutnya, bila olah raga di luar ruangan, seperti di kawasan perkotaan juga tercemar polusi udara. “Bila ingin berolah raga malam, sebaiknya jangan terlalu malam agar jam tidur tak terganggu. Bila mau tidur, tunggu sekitar 2 jam setelah olahraga,” ujarnya.

Ade menuturkan olah raga pada pagi dan sore hari lebih baik karena mengikuti jam biologis manusia. “Jam biologis manusia pada malam hari adalah untuk istirahat dan tidur,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro