Ilustrasi/alarabiya.net-shutterstock
Fashion

Sakit Punggung: Kenali Beberapa Mitos dan Fakta Berikut

Puput Ady Sukarno
Selasa, 28 Oktober 2014 - 00:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit punggung banyak dialami orang-orang. Malah seiring pertambahan usia, 8 dari 10 orang akan mengalami sakit punggung.

Sakit punggung akan semakin parah bila Anda memiliki terlalu banyak aktivitas yang mengakibatkan tubuh semakin tegang.

Nah, banyak sekali mitos seputar sakit punggung yang malah membuat kondisi ini lebih menyulitkan penderitanya. Apa saja? Simak penjelasan Dokter Rahajeng dari Meetdoctor berikut ini;

1. Hindari sakit punggung dengan duduk tegak, hal ini hanyalah mitos.

Faktanya adalah duduk membungkuk memang memperburuk kondisi punggung, akan tetapi ahli kesehatan justru juga mengatakan duduk terlalu tegak dalam waktu lama dapat mencederai punggung.

Jadi, Anda lebih baik memilih posisi duduk yang nyaman dan diberi sandaran berupa bantal pada punggung. Pastikan posisi kaki nyaman dan menyentuh lantai untuk menghindari nyeri punggung.

2. Istirahat adalah cara terbaik untuk mengatasi sakit punggung, ini juga mitos.

Faktanya adalah saat sakit punggung kumat, mengistirahatkan punggung memang bisa menjadi pilihan. Tetapi beristirahat di tempat tidur atau bed rest selama 1 – 2 hari malah memperburuk sakit punggung.

Anda lebih baik melakukan peregangan, berenang, dan berjalan untuk mengatasi sakit punggung atau lakukan beberapa kegiatan sembari berdiri.

3. Olahraga membuat sakit punggung tambah parah, ini juga termasuk mitos.

Memang kebanyakan orang menghindari berolahraga saat merasakah sakit punggung karena khawatir sakit punggungnya semakin memburuk.

Sementara, pada sisi lain, olahraga teratur tidak cocok untuk penderita sakit punggung, terutama yang disebabkan cedera.

Biasanya, para dokter menyarankan olahraga ringan yang intensitasnya makin meningkat secara bertahap. Saat sakit punggung reda, dokter akan memberikan latihan rutin untuk menghindarkan Anda dari kekambuhan sakit punggung.

4. Menurunkan berat badan ampuh sembuhkan sakit punggung, ini juga mitos.

Yang benar adalah berat badan berlebihan memang memperbesar risiko sakit punggung.

Namun, orang kurus atau menderita anoreksia pun bisa menderita sakit punggung sebab berisiko mengalami osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang.

Faktor risiko yang lebih berperan bagi nyeri punggung antara lain usia, cedera, tidak aktif bergerak, postur tubuh yang kurang baik, posisi tidur, merokok, dan stres.

Sakit punggung umumnya mereda dalam beberapa minggu.

Di rumah, Anda bisa melakukan beberapa perawatan seperti menghindari membungkuk dan mengangkat atau meraih sesuatu, tidak memakai sepatu hak tinggi, mengganti posisi tidur, mengganjal punggung dengan bantal saat tidur telentang.

Sebagai catatan, sakit punggung yang dialami selama beberapa hari tergolong ringan.

Tapi, sakit punggung yang terjadi lebih dari 3 bulan termasuk sakit punggung kronis.

Jadi bila Anda merasa sangat kesakitan atau sakit punggung terjadi dalam waktu lama, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penangangan medis yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro