Jika, tidak terlalu gemuk, sleeve gastrectomy dinilai sudah cukup. /Bisnis.com
Fashion

SOLUSI OBESITAS: Operasi Membuang hormon Perangsang Lapar

Atiqa Hanum
Jumat, 31 Oktober 2014 - 15:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di Indonesia, orang yang bermasalah dengan berat badan semakin bertambah. Pelbagai cara dilakukan untuk mengatasi problem tersebut. Salah satu penyebabnya adalah makan yang berlebihan karena dalam lambung ada hormon yang merangsang rasa lapar, yakni ghrelin.

Dokter spesialis bedah RS Gading Pluit Peter Ian Limas mengatakan salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dilakukan operasi untuk membuat hormon tersebut. “Tiga hari setelah operasi, pasien yang meminum air putih saja, tidak akan merasa lapar.”

Ada berbagai zat yang diproses di lambung yang nanti akan diserap di usus halus. Namun, Peter mengatakan hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan suplemen dan vitamin dengan mengecek pasien terlebih dahulu. 

“Biasanya pasien setelah 1 bulan sudah bisa makan dan tidak ada pantangan. Kuncinya cuma satu, kalau kenyang harus berhenti,” tegas Peter.

Sebelum pasien memutuskan akan memilih operasi yang mana, pasien tentu akan diberikan saran dan arahan. Peter menuturkan jika seseorang dengan berat badan berlebih dan disertai diabetes, disarankan menggunakan gastric bypass.

Jika, tidak terlalu gemuk, sleeve gastrectomy dinilai sudah cukup.

Dia mengungkapkan lemak yang masih ada dalam tubuh saat ini akan menyusut dengan sendirinya karena akan diambil untuk kebutuhan kalori tubuh.

Hal ini tentu harus dilakukan dari diri sendiri dengan melakukan olahraga dan makan secara teratur dan sehat. Hal baik lainnya, kata Peter, adalah sekitar 65%—85% penyakit yang terkait dengan obesitas akan hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro