Foto ilustrasi sayuran. /Bisnis
Kuliner

Begini Kiat Menyajikan Makanan Mentah Biar Tetap Sehat

Deandra Syarizka
Selasa, 4 November 2014 - 06:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Hidangan mentah (raw food) kian populer belakangan ini, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk gaya hidup sehat. Proses menyajikan makanan secara mentah diyakini tidak menghilangkan vitamin dan mineral yang terdapat dalam bahan masakan, yang umumnya berkurang kadarnya ketika melalui proses masak.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila Anda berniat menyajikan hidangan raw food bagi keluarga. Berikut Chef Genki Sushi Agus Rastavio memberikan kiat-kiat yang dimaksud:

1.   Pilihlah Bahan Makanan yang Segar

Usahakanlah Anda selalu memilih bahan makanan yang masih segar, baik itu sayur-sayuran ataupun daging-dagingan. Tanda-tanda sayuran yang masih segar dapat dilihat dari warna daun, dan tingkat kelayuannya yang masih sedikit. Perhatikan juga kebersihan sayuran tersebut. Hindari memilih sayuran yang terdapat banyak lubang dan yang warnanya telah layu dan menghitam.

Begitu pun dengan daging ikan. Ikan yang masih segar mudah dikenali dari mata dan tekstur dagingnya. Bila pupil ikan berwarna cerah dan masih terletak di tengah bola mata, artinya ikan tersebut masih segar dan layak dikonsumsi secara mentah. Namun bila pupil ikan sudah menurun posisinya, bisa dipastikan ikan tersebut sudah tidak segar.

Tekstur ikan yang masih segar juga mudah dikenali. Hindarilah memilih daging ikan bertekstur lembek jika Anda ingin menyajikannya secara mentah. Pilihlah daging ikan dengan tekstur yang masih kenyal.

Hal yang sama untuk daging sapi. Daging sapi yang masih segar mudah dikenali dari warnanya yang merah, tidak pucat dan tidak kotor. Tekstur daging yang masih segar juga terasa kenyal ketika ditekan.

2. Perhatikan Penyimpanan Bahan Masakan

Prinsip menyajikan hidangan mentah adalah dengan menyajikannya sesegera mungkin. Hindari menyimpan bahan masakan mentah terlalu lama, karena hal tersebut akan berpengaruh pada tingkat kesegaran bahan makanan., Chef Agus menyarankan untuk menyimpan daging ikan dalam lemari pendingin maksimal selama dua hari. Ikan yang telah disimpan lebih dari masa tersebut lebih baik disajikan melalui proses memasak secara matang. Adapun masa simpan daging sapi dalam lemari pendingin maksimal satu hari untuk disajikan secara mentah.

3. Padukan dengan Bahan yang Tepat

Meskipun disajikan secara mentah, bukan berarti raw food tidak disajikan dengan bumbu dan bahan pendukung. Untuk hidangan berbahan daging ikan, Chef Agus mencontohkan hidangan Jepang seperti sushi dan sashimi yang dihidangkan dengan wasabi dan shaoyu. Wasabi yang dioleskan ke daging ikan mentah berfungsi sebagai zat antibakterial.

Untuk mengurangi cita rasa amis yang kurang disukai, padukan daging ikan mentah dengan tetesan air lemon. Hal ini juga bisa menambah cita rasa asam nan segar pada daging ikan. Anda juga bisa bereksplorasi dengan buah seperti alpukat yang kaya lemak tak jenuh untuk menambah cita rasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro