Ilustrasi/Bisnis.com
Health

Orang Tua Diminta Waspadai Gadget Pembunuh Kreativitas Anak

Muhammad Abdi Amna
Senin, 10 November 2014 - 19:15
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG—Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan orang tua memiliki peran penting meredam dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi terhadap pertumbuhan anak usia dini.

“Orang tua harus bisa menjadi gerbang teknologi, memperkenalkan sekaligus mendampingi penggunaannya oleh anak usia dini,” ujarnya, Senin (10/11/2014), saat membuka seminar Parenting.

Menurutnya, akibat perkembangan teknologi yang demikian pesat sering membuat orang tua mengurangi pengawasan terhadap anak.

Dengan alasan agar anaknya tidak gagap teknologi atau gaptek, orang tua menurutnya sering membekali anak dengan gadget mahal yang justru membunuh kreatifitas.

“Anak-anak jadinya malah main game mulu, lupa belajar atau ngaji. Jangan jerumuskan anak dengan gadget yang tidak sesuai dengan usianya,” ujarnya..

Oleh karena itu, tuturnya, orang tua harus melakukan pengawasan terkait penggunaan komputer atau gadget lainnya.

Selain itu, pemerintah Kota Tangerang menurutnya telah menerapkan berbagai kebijakan terkait dampak negatif penggunaan teknologi, seperti pengawasan warung internet dan rental play station.

Arief mengatakan pemkot akan bertindak tegas dengan mencabut izin operasional bagi rental ps dan warnet yang nekat melayani pelajar bolos sekolah.

“Apalagi kalau warnetnya tidak dipasang filter situs porno,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro