Tipe rekan kerja menyebalkan/postgradproblems.com
Relationship

7 Tanda Rekan Kerja Yang Menyebalkan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 15 Desember 2014 - 10:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam sebuah kantor, tentu saja ada beberapa orang atau bahkan satu orang yang tidak disukai oleh rekan kerja lainnya karena sikapnya yang menyebalkan.

Siapa teman kantormu yang menyebalkan? Tidak kepikiran? Hm, mungkin bisa saja justru kamu orang yang menyebalkan.

Orang yang menyebalkan biasanya memiliki kebiasaan-kebiasaan kecil yang agak tidak wajar dan mengganggu orang lain ? Apakah kamu pernah melakukan suatu hal yang tidak kamu sadari dan menyebabkan rekan-rekanmu menjauhimu?

Sebelum merasa rekan-rekan mem-bully dengan cara menjauhimu, ayo cek dulu apakah kamu si orang menyebalkan di kantor.

Berantakan saat makan atau berisik ketika mengunyah makanan

Perhatikan dan jaga baik-baik cara makanmu, apalagi jika makan bersama rekan kerja atau bos. Bahkan ketika kamu hanya makan sendiri di pantry atau di meja, cara makan yang benar dan rapi tetap berlaku.

Bayangkan betapa tidak nikmatnya makan dengan orang yang bersuara ketika mengunyah, atau bersendawa sembarangan. Tak peduli betapa lezat makananmu, selalu ingat untuk makan dengan rapi dan sopan.

Membiarkan orang lain membereskan sampah

Ini adalah aturan simpel yang mendasar sekali. Ketika kamu selesai makan di pantry, letakkan piring kotor di tempat yang telah disediakan atau buang kertas pembungkus makanan di tempat sampah. Jangan biarkan sampah menumpuk di atas mejamu, di atas meja rekanmu, atau di manapun dengan harapan orang lain akan memungut dan membuangkannya untukmu. Bertanggungjawablah dengan sampahmu sendiri.

Selalu memilih “reply to all” di group email

Group email adalah cara berkomunikasi yang praktis dan efisien untuk menyebarkan informasi di divisimu. Dalam beberapa kasus, menggunakan “reply to all” bisa terasa mengganggu, namun di satu sisi memang diperlukan.

Tetapi, kalau kamu hanya ingin mengucapkan terima kasih, kirimlah hanya ke orang yang kamu tuju. Atau bahkan ketika Anda ingin menegur satu orang rekan, gunakanlah jalur pribadi, tidak perlu mereply nya pada semua orang. Jadi, orang-orang lain di grup tidak terganggu dengan junk mail darimu.

Mengganggu teman kantor ketika mereka sedang bekerja

Entah itu pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan atau mengobrol tentang sinetron semalam, pikir dua kali sebelum mengajak teman sebelahmu mengobrol. Perhatikan baik-baik apa mereka sedang santai atau sedang berkonsentrasi dengan pekerjaannya. Jangan jadi orang yang selalu mendistraksi dan menginterupsi orang-orang yang sedang konsentrasi dengan pekerjaannya.

Bicara keras-keras atau berisik

Tidak mungin kantormu sunyi-senyap sepanjang hari, karena hal tersebut pastinya menyebalkan dan membosankan. Tetapi, terus-terusan mendengar suara tawa, mengobrol, bercanda, atau menyanyi keras-keras tentu mengganggu dan menyebalkan. Ingat, orang-orang di sekitarmu butuh ketenangan dan konsentrasi dalam bekerja, jadi kegaduhan yang kamu timbulkan bisa sangat mengganggu.

Menyerbu ruangan atau kubikel orang lain tanpa izin

Meskipun di kantormu karyawan menempati kubikel-kubikel terbuka, bukan berarti kamu bisa “mengundang” dirimu ke kubikel rekanmu kapan saja kamu ingin. Hormati privasi orang lain. Menyebalkan sekali jika kamu selalu nongkrong di kubikelnya, melihat apa yang sedang dilakukannya, bahkan mengambil barang-barangnya tanpa izin. Tata krama yang sama berlaku pula jika ingin memasuki ruangan seseorang. Ketuk dulu pintunya, baru masuk.

Tetap masuk biarpun sakit

Mungkin bagimu ini dedikasi, namun rekan-rekanmu yang lain pasti akan malas mendengarmu membuang ingus, batuk berdahak, dan bersin-bersin sepanjang hari. Setidaknya pakai masker agar tidak menulari teman-teman sekantormu yang lain, serta jangan letakkan tisu-tisu bekas ingus bertebaran di atas meja. Jika penyakitmu benar-benar menular, izinlah agar tidak menulari rekan-rekanmu yang lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : jobsdb.co.id
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro