Ilustrasi otak/boldsky.com
Health

7 Tips Menjaga Otak Tetap Tajam Dan Sehat

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 18 Desember 2014 - 10:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Otak Anda adalah organ yang paling penting dalam tubuh Anda yang memerinthkan anggota tubuh lainnya untuk bergerak.

Otak juga alat Anda untuk berpikir dan mencari solusi dalam kehidupan Anda. Jika otak mengalami kematian, maka seseorang akan dinyatakan telah mati secara fisik juga. Karena itu, sangat penting untuk tetap menjaga otak Anda agar tetap sehat.

Jika Anda pernah mengalami ingatan atau memori yang berkurang, atau sering merasa tertekan, maka sudah saatnya Anda mulai khawatir tentang kesehatan otak Anda.

Dan bagaimana caranya agar Anda tidak mudah lupa atau dengan kata lain otak Anda tetap tajam? Yang perlu Anda lakukan sebenarnya adlaah membuat otak Anda tetap bekerja. Berikut beberapa tips agar otak Anda tetap sehat dan tajam seperti dilansir boldsky.com:

Bertemu orang baru
Ketika Anda bertemu seseorang yang baru, pikiran Anda bekerja dengan mencatat dan menyimpan informasi tentang orang-orang. Jika Anda terus bertemu orang-orang dari berbagai latar belakang, otak Anda cenderung terus bekerja. Itu sebenarnya baik untuk pertumbuhannya.

Meditasi

Penelitian telah membuktikan bahwa meditasi memiliki beberapa manfaat. Anda menjadi tenang dan santai. Anda bisa mengalahkan stres dan kecemasan. Otak Anda akan berada dalam posisi siap menerima hal baru.

Mempelajari keterampilan baru
Ketika Anda belajar keterampilan baru, bahasa atau seni, pada dasarnya Anda sedang menantang otak Anda. Ketika ditantang, ia dipaksa untuk membuat neuron baru dan otak Anda cenderung lebih tajam ketika Anda terus-menerus menantang kapasitasnya dengan mempelajari hal-hal baru.

Hidup bersama orang yang Anda cintai
Hidup kehilangan maknanya jika tidak ada cinta di dalamnya. Pastikan bahwa Anda memiliki hubungan yang bermakna dalam hidup Anda. Anda bisa menyingkirkan stres Anda ketika Anda dengan orang yang Anda cintai. Setiap saat Anda menghabiskan waktu dengan pasangan Anda atau anak-anak menciptakan momen indah di memori Anda. Kehidupan emosional yang sehat adalah penting. Ini adalah salah satu tips untuk ketajaman otak.

Lakukan aktivitas fisik
Jika tubuh Anda aktif, pikiran Anda cenderung aktif. Selalu, terlibat dalam aktivitas fisik. Juga, pastikan bahwa Anda melakukan olahraga secara teratur. Jangan pernah melewatkan olahraga ringan sehari-hari Anda.

Jangan lupa untuk memberi makan otak
Makan makanan yang baik untuk otak Anda akan membantu banyak. Makan makanan bergizi untuk otak yang lebih tajam. Anda harus memastikan bahwa Anda secara teratur mengkonsumsi makanan sehat untuk otak Anda.

Tidur cukup
Selama tidur Anda, otak Anda masih sibuk tetapi mulai beristirahat dalam berbagai tahapan tidur Anda. Pola tidur yang tidak tepat bisa menghambat fungsi Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro