Tips menghadapi bos galak/inc.com
Relationship

Berikut Cara Menghadapi Bos Yang Galak

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 18 Desember 2014 - 11:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Memiliki bos atau atasan yang galak dan buruk tentu menjadi teror tersendiri bagi Anda.

Ketakutan dan kekhawatiran setiap akan masuk kerja pasti akan dirasakan setiap hari. Anda menjadi selalu khawatir melakukan kesalahan atau kena marah hanya karena moodnya yang sedang buruk.

Tentu saja kondisi ini sebenarnya tidak baik bagi kualitas dan kinerja kerja Anda. Karena bekerja dalam tekanan tidak akan pernha menghasilkan kualitas yang memuaskan.

Lantas, bagaimana Anda dapat menangani masalah tersebut? Penanganan bos yang buruk tidak pernah benar-benar mudah. Berurusan dengan bos yang buruk adalah hal yang rumit. Situasi tidak dapat diprediksi karena sewaktu-waktu Anda bisa saja terkena imbas kemarahannya, sehingga membuat Anda depresi dalam pekerjaan.

Berikut ini 5 cara mudah untuk menghadapi tipe bos yang buruk dan galak seperti dilansir timesofindia.com:

1. Ketika atasan Anda membuat janji, ancaman atau bahkan argumen yang tidak masuk akal pastikan Anda mencatatnya sebagai bukti. Cara termudah adalah dengan mencatatnya pada email atau chatting. Dengan cara itu semua percakapan Anda dicatat dan jika muncul konfrontasi, Anda bisa mengeluarkan bukti tersebut.

2. Mengidentifikasi krisis sangat penting untuk Anda. Adu argumen dan menentang bukanlah jalan terbaik dalam menghadapinya. Namun Anda perlu tenang dalam menghadapinya. Diskusikan masalah tersebut dengan atasan Anda dan bicarakan baik-baik langkah apa yang bisa Anda lakukan agar membuat kondisi membaik dan pekerjaan Anda tetap lancar.

3. Jangan memberikan ruang atau kesempatan untuk atasan Anda mendapatkan kelemahan Anda. Pastikan pekerjaan Anda bebas dari kesalahan. Misalnya saja, datang tepat waktu, menyerahkan tugas tepat waktu dan bersikap sopan. Dengan begitu mereka tidak bisa marah dan menyalahkan Anda karena telah bekerja dengan baik.

4. Tanyakan seorang mantan karyawan atau rekan-karyawan yang pernah kena marah atasan Anda. Cari tahu penyebab dan bagaimana dia menyikapinya.

Di luar semua tips tersebut, Anda harus berkepala dingin dalam menghadapi semua masalah. Dalam setiap pekerjaan akan selalu ada tantangan dan masalah yang harus dihadapi.

Hal tersebut, membantu Anda makin berpengalaman dan bersikap dewasa dalam menekan ego dan juga menunjukkan kualitas diri dan pekerjaan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro