Entertainment

PEMUTARAN FILM SENYAP: Setelah Yogya & Malang, Giliran Jember Dihentikan Ormas

Arys Aditya
Minggu, 21 Desember 2014 - 01:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sabotase terhadap pemutaran film Senyap, sekuel dari Jagal yang disutradarai oleh Joshua Oppenheimer, kembali terjadi.

Setelah sebelumnya sempat terjadi intimidasi dan penghentian paksa di Malang dan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, giliran pemutaran di Universitas Muhammadiyah Jember, Jawa Timur, yang menjadi sasaran pada Sabtu (20/12/2014).

Dieqy Hasbi, salah seorang panitia pemutaran, mengungkapkan sejak pukul 19.00 WIB, pihak penyelenggara sudah menerima intimidasi dari pihak yang mengatasnamakan FPI.

"Kami harap pemutaran film Senyap di Universitas Muhammadiyah ditiadakan, kami atas nama FPI bersama aparat kepolisisan akan bertindak tegas jika tetap diputar," bunyi salah satu pesan singkat yang diterima panitia.

Pemutaran yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Aktualita ini akhirnya tidak diputar hingga film usai, meskipun perwakilan panitia bertemu dengan Wakil Rektor III Unmuh Jember.

Bersamaan dengan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) 10 Desember 2014, sejumlah elemen masyarakat dan perguruan tinggi di berbagai kota di Indonesia secara serentak memutar film berjudul Bahasa Inggris The Look of Silence ini.

Tidak jauh berbeda dengan Jagal, Senyap merupakan dokumenter yang membahas tema pembantaian anggota dan orang-orang yang dituduh sebagai anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 1965.




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arys Aditya
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro