Entertainment

USAID Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Lewat Jurnalisme Warga

Yanuarius Viodeogo
Minggu, 21 Desember 2014 - 14:34
Bagikan

Bisnis.com, PONTIANAK -- Kinerja-USAID mendorong peningkatan kinerja pelayanan publik di Kalimantan Barat melalui peran jurnalisme warga.

Team Leader for Democratic Governance Strengthened Development Objective USAID Indonesia Lutfi Ashari mengatakan masyarakat di Kalbar yang dipilih kemudian dilatih untuk menulis peran pemerintah dalam pembangunan di daerah yang masih minim.

"Program jurnalisme warga sudah sejak 4,5 tahun dan progressnya signifikan menonjol termasuk di Kalbar. Ada beberapa di daerah yang menonjol karena jurnalisme warga seperti di Sulawesi Selatan dan Jawa Timur," kata Lutfi kepada Bisnis, baru-baru ini.

Sementara wilayah seperti Papua sebagai lokasi program masih minim karena akses infrastruktur jalan dan telekomunikasi di sana masih rendah.

Dia mengatakan peran jurnalisme warga sangat penting untuk mengawasi pelayanan publik mendasar daerah seperti pendidikan, kesehatan dan pelayanan satu atap.

Menurutnya, Kinerja-USAID akan fokus akuntabilitas terkait isu kehutanan dan human rights berbasis gender, pada 2015.

Perlu diketahui, Kinerja USAID adalah program kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat untuk meningkatkan pelayanan publik di 24 kabupaten dan kota di 5 provinsi, a.l: Aceh, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalbar, dan Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro