Ilustrasi Tahun baru 2015/1hdwallpapers.com
Health

MALAM TAHUN BARU: Inilah 7 Resolusi Kesehatan Mental untuk 2015

Sepudin Zuhri
Jumat, 26 Desember 2014 - 19:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika tahun baru datang, resolusinya seringkali fokus pada upaya perbaikan kondisi tubuh yang lebih baik. Dan kita seringkali melupakan hal lain, bagian yang sama pentingnya yaitu kesehatan mental kita.

Penelitian menunjukkan isolasi sosial terkait dengan rentang hidup yang lebih pendek, namun kita sering mengabaikan kebersihan emosional kita.

"Jika kesehatan gigi kita sejelek dengan kesehatan emosional kita, kita hanya memiliki gusi dan tanpa ada gigi," kata Psikolog Guy Winch, penulis Emotional First Aid: Healing Rejection, Guilt, Failure and Other Everyday Hurts seperti dilansir di time.com, Jumat (26/12/2014).

Tahun ini, memprioritaskan pikiran Anda serta tubuh Anda, dan membuat resolusi untuk kesehatan mental yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa tips Winch untuk memprioritaskan kesehatan emosional Anda di tahun baru (dan sepanjang tahun).

1. Perhatikan rasa sakit secara emosional.

Sakit secara psikologi hampir mirip dengan sakit fisik. Jika sesuatu sakit selama lebih dari beberapa hari, Anda perlu melakukan sesuatu tentang hal itu. Jika Anda mengalami penolakan, kegagalan, atau memiliki suasana hati yang buruk yang tetap berlangsung terlalu lama, jangan dibiarkan hal itu.

2. Ambil tindakan ketika Anda merasa kesepian.

Kesepian kronis sangat buruk untuk kesehatan emosional dan fisik Anda karena meningkatkan kesempatan Anda untuk kematian dini sebesar 14%.

Oleh karena itu, ketika Anda merasa kesepian, tindakan seperti kembali kontak dengan anggota keluarga, berhubungan dengan teman-teman atau bergabung dengan situs kencan dapat membantu.

Buatlah daftar orang-orang yang pernah dekat dengan Anda (menggunakan buku telepon Anda, teman-teman media sosial, dan kontak email) dan menjangkau salah satu dari mereka setiap hari untuk chatting atau untuk membuat rencana.

3. Hentikan rasa emosional Anda.

Luka psikologis cenderung untuk membuat lingkaran setan yang memburuk dengan waktu.

Kegagalan dapat menyebabkan perasaan tidak berdaya yang pada gilirannya dapat membuat Anda lebih mungkin untuk gagal lagi di masa depan. Untuk mematahkan siklus negatif kegagalan, temukan cara untuk menguasai situasi.

4. Lindungi harga diri Anda.

Harga diri Anda harga seperti sistem kekebalan emosional dapat meningkatkan ketahanan dan melindungi Anda dari stres dan kecemasan. Kondisi emosional yang baik akan memerlukan pemantauan harga diri Anda dan meningkatkannya ketika itu sedang rendah. Bagaimana? Hindari pembicaraan diri yang negatif yang merusak lebih jauh.

5. Bangkitkan diri Anda setelah mendapat penolakan.

Ini sangat umum untuk menjadi kritis terhadap diri sendiri setelah Anda ditolak. Ini adalah reaksi yang tidak menguntungkan, karena saat itulah diri Anda sudah menyakiti.

Anda kemungkinan besar untuk menyebut nama Anda sendiri, daftar semua kesalahan dan kekurangan dan umumnya menendang diri sendiri ketika Anda down. Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan setelah mendapatkan penolakan adalah untuk memperlakukan diri Anda dengan kasih sayang yang sama Anda akan lakukan kepada teman baik. Pastikan suara hati Anda adalah baik, pengertian dan mendukung.

6. Perangi pikiran negatif.

Ketika sesuatu terjadi menjengkelkan, itu wajar untuk merenunginya. Tapi mengulang adegan berulang dalam pikiran Anda tidak akan memberikan banyak wawasan atau penyelesaian.

Cara terbaik untuk memecahkan siklus sedih adalah untuk mengalihkan perhatian Anda dengan tugas yang membutuhkan konsentrasi, seperti permainan di ponsel Anda, lari cepat atau teka-teki silang.

7. Diberitahu tentang dampak sakit psikologis dan bagaimana memperlakukan mereka.

Anda tahu bagaimana memperlakukan luka atau kesedihan, sehingga Anda juga harus tahu bagaimana memperlakukan penolakan, kegagalan, kesepian, rasa bersalah dan luka emosional umum lainnya.

Dengan menjadi sadar tentang kesehatan psikologis dan mengadopsi kebiasaan kebersihan emosional yang baik, Anda tidak hanya akan menyembuhkan luka psikologis Anda ketika Anda mempertahankan mereka, tetapi Anda akan meningkatkan seluruh kualitas hidup Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro