Health

10 Tips Kembangkan Kemampuan Pribadi Anak

Fitri Rachmawati
Minggu, 4 Januari 2015 - 19:26
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Untuk memaksimalkan potensi kecerdasan anak, inilah saran-saran dari Tomas Armstrong dalam bukunya 7 Kinds Of Smart: Identifying and Developing Your Many Intelligences (NY 1993).

Berikut 10 saran bagi orang tua dalam memfasilitasi pengembangan potensi anak a.l.

Terima Anak Apa Adanya

Terimalah sia kecil sebagaimana adanya.Sehingga anak dapat merasa aman karena tidak mengalami penolakan dari orang tuanya.

Berbagilah Aktivitas Sehingga anda dapat menemukan dan mengembangkan bakatnya.

Misalkan mengajak si kecil berkebun, memasak, membersihkan rumah dan aktivitas lainnya.

Berbagilah Perasaan Dalam Berkomunikasi

Supaya si kecil dapat mengembangkan bakatnya dengan baik sebab dalam kondisi emosi yang stabil. Berbagi perasaan dilakukan dengan membuka komunikasi dua arah antara orang tua dengan anak mengenai berbagai hal yang sedang dirasakan.

Fasilitasi Anak Anda

Fasilitasilah anak anda untuk memperoleh pengalama yang luas, sehingga diharapkan dapat memunculkan bakat terpendamnya.

Dukunglah Anak Anda

Dukunglah anak untuk berpikir tentang masa depannya. Ajaklah anak anda untuk merencanakan cita-cita dan harapannya serta diskusikanlah berbagai hal yang harus disiapkan untuk meraih apa yang dicita-citakannya atau yang diimpikannya. Selain itu, dukunglah anak anda dalam menyalurkan bakatnya. Seperti dengan memfasilitasi peralatan dan mengikut sertakan anak pada kursus-kursus keterampilan yang mendukung bakatnya.

Berikanlah Buku

Berikanlah buku yang dapat mengembangkan bakat anak anda, sehingga pengetahuan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan bakatnya semakin meningkat.

Izinkanlah Melakukan Kesalahan

Izinkanlah anak anda untuk melakukan kesalahan, sehingga dapat belajar dari kesalahan yang telah dilakukannya. Sebab jika anak anda tidak berani mengambil resiko maka anak anda akan menjadi pasif. Akibatnya anak tidak akan dapat mengembangkan bakatnya.

Pujilah Anak

Pujilah anak anda bila berhasil menyelesaikan tugas sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilannya. Sehingga di lain waktu anak anda akan terpacu untuk meraih keberhasilan kembali.

Hindari Membandingkan Anak

Hindarilah membandingkan anak dengan anak orang lain, justru yang harus dilakukan adalah bantu anak anda untuk membandingkan dengan dirinya sendiri di waktu yang telah lalu. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari anak anda mengalami rendah diri.

Perkaya Referensi Orang Tua

Perbanyaklah referensi anda khususnya mengenai permainan yang sifatnya edukatif bagi anak anda. Sehingga dapat memilihkan permainan yang tepat dan berguna bagi anak-anak anda. Melalui pemahaman berbagai potensi kecerdasan dan upaya yang tepat dalam mengembangkan bakat yang dimiliki, diharapka anak dapat meraih kesuksesan sesuai bidang dan minatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro