Salah satu model batu sisik naga / heavy-stuff.com
Fashion

PERHIASAN: Wuih, Batu Sisik Naga Enrekang Naik Daun!

Redaksi
Selasa, 13 Januari 2015 - 21:01
Bagikan

 

Bisnis.com, Makassar – Batu sisik naga dari Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, sedang naik daun karena banyak diminati penggemar batu cincin di Kota Makassar lantaran memiliki motif unik yang sulit diperoleh.

"Sekarang sisik naga banyak peminatnya, dalam sehari kami bisa menjual sepuluh sampai tiga puluh batu sisik naga, batu bacan mulai kalah," kata pedagang batu cincin Hafid di pusat penjualan batu permata Gemstone Market Makassar, seperti dikutip dari Antara, Selasa (13/1/2015).

Menurut Hafid, harga batu sisik naga berkisar Rp1 juta sampai Rp3 jutaan, tetapi untuk batu sisik naga emas yang memiliki motif unik harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Saat ini, tuturnya, peminat batu cincin di Kota Makassar sangat tinggi. Dalam sehari pengunjung yang berbelanja di pusat penjualan batu permata tersebut bisa mencapai dua ratus orang.

"Puncaknya pada akhir pekan pengunjung bisa sampai lebih dari tiga ratus orang, sedangkan jika pameran pengunjung bahkan hingga ribuan orang," ujarnya.

Dari hasil penjualan berbagai jenis batu cincin ini, Hafid mengatakan dapat mengantongi omzet berkisar Rp10 juta hingga Rp15 juta per hari.

Sementara itu, pengrajin batu cincin Latief mengatakan tingginya minat kolektor terhadap batu sisik naga Enrekang karena sulitnya memperoleh batu dengan motif yang unik.

"Susah mendapatkan motif yang unik, susahnya apabila kita mendapatkan bahan ketika kita gosok tiba-tiba motifnya hilang, sebaliknya kita merasa beruntung ketika batunya dikerja tiba-tiba muncul motif," kata Latief.

Selain itu menurut Latif, batu sisik naga tergolong unik karena mengandung logam seperti nikel dan emas.

Salah seorang kolektor batu cincin Ivan mengatakan ia tertarik pada batu sisik naga karena motif batu yang indah. "Motifnya saya suka," kata pengoleksi lebih dari 50 batu cincin tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro