Health

Waspadai 3 Hal Ini Agar Tidak Terkena HIV AIDS

Fitri Rachmawati
Kamis, 15 Januari 2015 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Kesehatan mengatakan selain pemakaian narkoba dan seks bebas, ada tiga hal yang perlu diwaspadai agar terhindar dari penularan HIV. Hal tersebut umumnya sudah banyak diketahui masyarakat tapi tidak banyak orang yang merasa harus melakukannya.

Transfusi Darah
Waspadai transfusi darah yang tidak steril, pastikan bahwa saat mendonorkan darah ataupun berada dalam kondisi memerlukan tranfusi darah tersebut bersih dan steril dari berbagai virus terutama HIV.

Tatto Dan Piercing Atau Tindik
Tatto dan piercing atau tindik ini pun  harus diwaspadai karena bisa menjadi media penyebaran HIV. Untuk itu, pastikan jarum yang digunakan sudah steril atau baru.

ASI Dari Ibu Pengidap AIDS
Wanita hamil penderita AIDS memiliki kemungkinan untuk menularkan HIV kepada janin yang dikandungnya karena cairan ini merupakan salah satu media penyebaran HIV.

Untuk pencegahan penyebaran bisa dilakukan dengan tidak memberikan ASI kepada bayi tersebut, tutur Siti Nadia, Subdit AIDS Kementerian Kesehatan di Jakarta Kamis (15/01).

Lebih lanjut, pencegahan tersebut bisa dilakukan asalkan sudah mengetahui kondisi HIV-nya dari semenjak awal terinfeksi.

Hal-hal inilah yang perlu diwaspadai oleh masyarakat agar terhindar dari penularan HIV hingga AIDS,katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro