Gaya Vintage/vizimac.com
Relationship

Menyulap Rumah Bergaya Vintage. Berikut Kiat-kiatnya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 15 Januari 2015 - 14:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ingin mengubah rumah Anda dengan tampilan yang lebih vintage dan antik namun tidak terkesan kuno, kini bisa dilakukan dengan banyak cara.

Banyaknya penjual barang antik bisa memuaskan keinginan Anda untuk mengubah interior rumah Anda ibarat rumah jaman dulu dengan sentuhan lebih modern.

Barang antik membawa nuansa pedesaan untuk rumah Anda, sehingga mengalihkan sejenak pada kebosanan gedung-gedung tinggi yang menjulang di kota-kota besar.

Namun yang harus Anda ingat adalah jangan pernah menyulap seluruh interior Anda dengan barang-barang antik yang bisa membuat Anda merasa lebih suram atau terlalu kuno. Kombinasi dengan hal-hal modern sehingga membuatnya lebih terkesan vintage namun tetap menarik.

Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum mengubah rumah Anda menjadi gaya vintage:

Membangun titik fokus Anda

Jangan terlalu berlebihan dengan mendandani rumah Anda agar terlihat vintage atau antik yang bisa menampilkan kesan berantakan dan justru menimbulkan kekacauan. Salah satu cara mudah untuk menghindari kekacauan yang tidak perlu adalah untuk membeli satu item yang akan menjadi pusat perhatian dari dekorasi yang lain. Misalnya cermin besar, meja kopi, lukisan dll Anda,

Anda kemudian dapat menggunakan bagian pusat ini untuk memilih sisa potongan untuk melengkapinya. Benda terpusat ini akan membantu Anda membuat batas-batas desain untuk Anda.

Tetap praktis

Ketika membeli barang-barang antik, Anda selalu memiliki kesempatan untuk membeli segala sesuatu dan apapun yang Anda menurut Anda menarik. Tapi Anda harus memilih dengan bijak. Ketika berinvestasi dalam barang lama, selalu pastikan bahwa itu tidak mengesampingkan benda-benda modern yang sudah Anda miliki di rumah.

Bekerja dalam simetri

Bila Anda menghias rumah Anda dalam simetri, bukan hanya tidak membuat rumah Anda terlihat cantik tetapi juga menambah kuantitas potongan dekorasi Anda. Misalnya ketika memilih warna lampu, selalu memilih yang memberikan kesan dan efek pada 2 pandangan sekaligus.

Atau ketika memilih benda yang lainnya juga harus memperhatikan hal estetikanya, bukan hanya sekedar membeli.

Pilih secara acak

Bila Anda memilih sesuatu yang acak, Anda terikat untuk memilih beberapa benda yang terbaik, sehingga tidak belanja dengan hanya berpatokan pada satu benda saja dan merasa frustasi ketika tidak menemukannya.

Tetap minimal

Saat memilih benda vintage, selalu ingat untuk membeli benda yang bentuknya minimal. Karena barang-barang antik umumnya berat, dan menempel ke dasar-dasar seperti cermin, meja, hiasan dinding dll. Benda dengan ukuran minimal ini juga tidak akan membuat ruang Anda menjadi sesak.

Pilih sesuai dengan warna ruangan

Sama seperti Anda akan memilih item dekorasi sesuai dengan warna ruangan atau tirai - sama ketika memilih potongan antik untuk rumah Anda, selalu ingat untuk mempertimbangkan warna sebelum Anda membeli sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro