bayi tertidur/dailymail.co.uk
Health

Hindari Bayi Cacat Dengan Asupan Asam Folat

Fitri Rachmawati
Jumat, 16 Januari 2015 - 09:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Jika Anda berusaha untuk memiliki anak  atau sedang hamil, Anda harus mengkonsumsi suplemen asam folat 0,4 mg sehari atau setara dengan 400 mikrogram (mcg).

Karena dengan mengkonsumsi asam folat bisa mengurangi risiko bayi mengalami cacat lahir pada tabung neural seperti spina bifida. Spina bifida merupakan kondisi kongenital serius yang terjadi ketika tabung yang mengelilingi sumsum tulang belakang tidak menutup sempurna.

Untuk itu Anda harus mengkonsumsi asam folat sejak berhenti menggunakan kontrasepsi sampai sedikitnya minggu ke-12 setelah kehamilan terjadi, dan pastikan suplemen yang dikonsumsi tidak mengandung retinol (vitamin A hewani) atau minyak hati ikan.

Selain itu, dianjurkan untuk setiap wanita yang memiliki cacat tabung neural seperti spina bifida atau pernah punya anak mengalami cacat tabung neural, atau pasangannya memiliki kerabat langsung dengan penderita cacat tabung neural dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat dalam dosis jauh lebih tinggi 5mg sehari.

Dosisi lebih tinggi ini juga dianjurkan bagi wanita yang mengkonsumsi obat antiepilepsi, intoleran terhadap gluten atau memiliki kelainan hemoglobin.

Dianjurkan mengkonsumsi 300 mcg plus 400 mcg suplemen sebelum pembuahan dan selama tiga bulan pertama masa kehamilan.

Adapun zat gizi  asam folat terdapat pada sayuran hijau, polong dan kacang panjang, ekstrak ragi, nasi merah, jeruk dan pisang serta sereal yang diperkaya dengan roti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Sumber : BabyCentre, Pregnancy Questions And Answers
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro