Ilustrasi/Telegraph
Relationship

TIPS PERCINTAAN, Jarak Tidak Jadi Masalah

Wan Ulfa Nur Zuhra
Sabtu, 17 Januari 2015 - 19:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi sebagian orang, jarak seringkali menjadi permasalahan dalam sebuah hubungan percintaan. Tapi tidak sedikit dari mereka yang konsisten untuk tetap bertahan, menjaga agar cinta itu tetap ada, dan merawat harapan.

Namun, apakah untuk menjaga sebuah Long Distance Relationship cukup hanya dengan merawat harapan? Sepertinya tidak.

Saat menjalani hubungan jarak jauh, seringkali ada keraguan dalam diri kita. Apa dia benar-benar menjaga cintanya? Apa dia serius dengan hubungan ini?

Bagi pasangan yang sudah menikah dan terpaksa harus hidup berjauhan, pertanyaan yang paling sering muncul adalah, apakah dia tidak selingkuh?

Menjaga sebuah hubungan memang bukan perkara mudah. So, how to make a long distance relationship work?

1. Tanya pertanyaan-pertanyaan penting di awal untuk memastikan kalian berdua memiliki parameter hubungan yang jelas.

Ini penting bagi pasangan yang belum menikah. Sebelum memulai sebuah hubungan jarak jauh yang nantinya akan menghadapi begitu banyak ketidakjelasan. Anda harus memastikan seperti apa hubungan Anda dan pasangan sejak awal. “Apakah kamu komit untuk menjalani hubungan seperti ini?” atau “Apa yang kamu harapkan dari hubungan kita?” Barangkali Anda merasa janggal untuk menanyakannya, tapi percayalah, itu akan menghindarkan Anda dan pasangan dari rasa sakit hati atau kesalahpahaman.

 2.       Berkomunikasi sesering mungkin.

Sekarang, alat komunikasi sudah semakin canggih dan murah. Anda bisa menggunakannya untuk keep contact dengan pasangan. Berkomunikasilah sesering mungkin yang Anda dan pasangan bisa. Komunikasi tatap muka via skype setiap hari, akan meretas jarak. Membuat Anda dan pasangan tidak merasa jauh.

 3.       Melakukan sesuatu dalam waktu bersamaan.

Berbicara lewat telepon atau menghabiskan waktu berjam-jam lewat skype akan membosankan jika terlalu sering dilakukan. Lagipula, dalam menjalin hubungan, itu saja tidak cukup. Layaknya pasangan kekasih yang kerap melakukan banyak hal bersamaan, Anda juga bisa mencoba melakukannya. Melakukan sesuatu dalam waktu bersamaan, hanya saja di tempat yang berbeda. Misalnya, menonton film, lalu nanti membahasnya via telepon. Atau menonton sembari saling mengirim pesan lewat chat untuk mengomentari film yang sedang ditonton. 

4.       Melawan setiap godaan.

Godaan bagi pasangan LDR, pasti ada. Anda harus komit untuk menolaknya, jika Anda benar-benar mencintai pasangan Anda. Jangan berkompromi atau memberi kesempatan bagi orang lain untuk mencuri hati Anda. Ajakan makan bersama, atau sekedar hangout di coffee shop berdua dengan teman lawan jenis, bisa memicu perselingkuhan. Ini bukan berarti Anda tidak boleh berteman dengan lawan jenis. Barangkali awalnya Anda hanya menganggap teman. Tetapi intensitas bertemu dan ngobrol yang tinggi akan memicu munculnya ketertarikan. Berhati-hatilah!

5.       Membuat tantangan satu sama lain.

Cobalah membuat tantangan satu sama lain. Selain untuk seru-seruan, ini bisa memotivasi. Misal, jika pasangan Anda sedang belajar melukis, tantang ia untuk melukis sesuatu dengan waktu tertentu. Atau jika ia seorang penulis, tantang ia untuk menyelesaikan cerita pendek dalam waktu dua jam.

6.       Segera bertemu begitu Anda dan pasangan punya waktu.

Menjalin hubungan jarak jauh, bukan berarti tak bertemu sama sekali. Aturlah pertemuan begitu Anda atau pasangan memiliki waktu luang atau budget yang memadai. Bagi pasangan suami istri, pertemuan rutin yang dijadwalkan itu penting. Bukan hanya untuk mengobati rindu, tapi untuk menyalurkan hasrat seksual.

7.       Melawan rasa cemburu dan menjaga rasa percaya.

Siapapun akan merasa terganggu jika pasangannya over protective dan cemburuan yang berlebihan. Berilah rasa percaya pada pasangan Anda, dan sebaliknya, buatlah ia percaya pada Anda. Jangan membuat kesalahan yang menimbulkan keraguan di benaknya. Biarkan pasangan Anda menghabiskan waktu dengan teman-temannya. Tapi juga jangan lupa memberi tahu pasangan, apapun yang akan Anda lakukan. Be trust!

8.       Be Positive!

Tetaplah pada pikiran positif dari sebuah hubungan jarak jauh. Jangan sibukkan pikiran Anda untuk memikirkan hal-hal negatif. Ada banyak hikmah dalam sebuah hubungan jarak jauh, jika Anda melihatnya dengan positif. Teruslah merawat rasa dan jangan saling menghianati!

Long Distance Relationship tak selamanya menjadi hal buruk. Jarak bukanlah parameter sebuah hubungan itu baik atau tidak. Semua tergatung pada cara Anda dan pasangan menjalaninya. Selamat berjuang demi cinta Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro