Ilustrasi/Hivos.org
Health

Penyebaran HIV di Indonesia Terbanyak dari Pekerja Seks

Fitri Rachmawati
Minggu, 18 Januari 2015 - 15:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Kesehatan mengatakan media penyebaran virus HIV terbanyak di Indonesia adalah melalui hubungan seksual khususnya di kalangan pekerja seks, karena rata-rata mereka secara konsisten tidak menggunakan kondom.

Subdit AIDS Kementerian Kesehatan Siti Nadia menjelaskan penyebaran virus HIV di Indonesia paling banyak melalui media hubungan seks khususnya yang konsisten tidak menggunakan kondom.

“Baik itu heteroseksual maupun homoseksual, dan populasi terbanyak pertama pekerja seks, pengguna narkoba suntik, homoseksual, waria dan trans gender,” tuturnya Minggu (18/1/2015).

Adapun pada awal epidemi penyebaran virus HIV di Indonesia memang awalnya lebih banyak dari pengguna narkoba yang menggunakan berbagai jarum suntik. Namun kondisi saat ini menurut data dilapangan justru media yang terbanyak melalui hubungan seks khususnya dari pekerja seks.

Di mana penularan melalui seks ini sangat beresiko terhadap lelaki yang membeli atau menjadi pelanggan pekerja seks, lalu si lelaki tersebut kemudian menularkan kembali kepada pasangannya seperti pacar atau istrinya, dan akhirnya akan ditularkan oleh istrinya kepada anaknya pada masa kehamilan berlangsung sampai menyusui.

“Untuk itu kepada masyarakat diimbau untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat tertular virus HIV,” katanya. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro