Ilustrasi/Cookingmamas
Health

15 Bahan Makanan untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin Tubuh

Marta Fitria
Selasa, 20 Januari 2015 - 08:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Hemoglobin adalah protein pembentuk sel darah merah yang banyak mengandung zat besi. Hemoglobin bertanggung jawab untuk membawa oksigen dari paru-paru menuju seluruh jaringan tubuh, juga membawa karbondioksida dari jaringan tubuh kembali menuju paru-paru, lalu dikeluarkan dari tubuh.

Hemoglobin berperan penting untuk menjaga kesehatan hidup, seperti mencegah kekurangan darah yang bisa menyebabkan anemia. Kekurangan zat besi, vitamin C, dan vitamin B12 bisa menyebabkan kadar hemoglobin menurun.

Beberapa gejala yang disebabkan karena rendahnya kadar hemoglobin adalah mudah lelah, lemah, napas pendek, pusing, sakit kepala, dan kulit pucat.

Untuk menghindari gejala-gejala yang disebutkan di atas, Anda harus rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi.

Berikut ini adalah 15 bahan makanan yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin seperti yang dilansir laman Boldsky.

1. Sayur-sayuran

Sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau kaya akan zat besi yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin. Sayuran ini memproduksi zat besi yang bagus dan berguna bagi tubuh.

2. Kacang-kacangan

Segala jenis kacang mengandung zat besi, termasuk kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan kacang hitam. Makan kacang-kacangan itu setiap hari akan meningkatkan kadar hemoglobin.

3. Buah bit

Buah bit adalah sumber yang kaya akan zat besi. Anda bisa menikmatinya sebagai salad, jus, atau hidangan manis yang terbuat dari buah ini. Buah bit efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

4. Semangka

Semangka menyediakan zat besi bersama protein, karbohidrat, kalium, vitamin C, dan vitamin B yang tinggi. Selain meningkatkan kadar hemoglobin, buah ini juga memberikan energi dan stamina kuat bagi tubuh.

5. Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan. Jadi, tanpa vitamin C yang cukup, zat besi dari makanan tidak akan terserap dengan baik. Makanan yang mengandung banyak vitamin C adalah semua jenis jeruk, pepaya, stroberi, dan anggur. Sayur brokoli, kol, tomat, dan bayam juga mengandung vitamin C.

6. Daging merah

Daging merah mengandung banyak zat besi yang lebih mudah diserap dibandingkan sumber zat besi dari tumbuh-tumbuhan. Daging sapi, daging domba, hati sapi, dan hati ayam adalah sumber terbaik yang mengandung zat besi.

7. Bumbu kering

Tambahkan bumbu kering, seperti daun ketumbar, daun kemangi, daun salam, dan peterseli dalam menu makanan Anda karena bisa meningkatkan kadar hemoglobin. Di samping itu, bumbu kering ini juga menambah rasa makanan sehingga terasa lebih nikmat.

8. Biji labu

Selain kaya akan zat besi, biji labu juga mengandung asam lemak omega 3 dan zinc. Anda bisa langsung mengonsumsinya atau sebagai bahan tambahan salad.

9. Vitamin B12

Anda harus mengonsumsi makanan yang cukup mengandung vitamin B12 dan folat, seperti daging dan telur. Vitamin ini tentunya bisa meningkatkan kadar hemoglobin tubuh.

10. Seafood

Seafood juga menjadi salah satu sumber terbaik peningkat kadar hemoglobin. Beberapa jenis seafood, seperti tuna, salmon, kerang, tiram, dan sarden bisa Anda konsumsi karena mengandung zat besi.

11. Produk susu

Produk susu, seperti susu, mentega, keju, dan dadih adalah sumber terbaik yang kaya zat besi dan membantu meningkatkan hemoglobin.

12. Anggur

Anggur, khususnya anggur hitam adalah sumber terbaik yang mengandung zat besi. Jangan lupa menyantap anggur dan buah lainnya agar kadar hemoglobin Anda semakin bagus.

13. Buah kering

Buah kering, seperti aprikot, plum kering, kurma, dan kismis juga merupakan sumber terbaik hemoglobin. Kandungan zat besi tinggi di dalam buah kering membantu pembentukan hemoglobin. Selain itu juga mengandung nutrisi dan vitamin lainnya.

14. Rempah-rempah

Berbagai rempah, seperti daun thyme, kemangi, oregano, jintan hitam, dan kayu manis adalah sumber yang kaya akan kandungan zat besinya.

15. Biji wijen

Biji wijen kaya akan zat besi dan membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Tambahkan biji wijen dalam makanan manis yang Anda buat, seperti kue onde-onde atau sebagai taburan salad. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Lee Jung Shin CNBLUE Akan Bintangi Drama Baru

7 Tips Raih Pekerjaan Impian Melalui LinkedIn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Marta Fitria
Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro